EFEKTIVITAS LKS PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMBUATAN POLA DI SMK NEGERI 1 TEGAL


Desi Putri Asih, 5401410004 (2015) EFEKTIVITAS LKS PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMBUATAN POLA DI SMK NEGERI 1 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401410004.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Desi Putri Asih, 2015. “Efektivitas LKS Pada Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pembuatan Pola di SMK Negeri 1 Tegal”. Pembimbing Dra. Widowati, M.Pd. Program Studi PKK Tata Busana, Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang. Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya untuk berfungsi secara nyata dalam kehidupan masyarakat. Seluruh kegiatan pendidikan, yakni berupa bimbingan, pengajaran dan pelatihan diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan dikatakan tercapai apabila hasil belajar siswa mengalami perkembangan dan peningkatan. Tujuam Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembuatan LKS dan untuk mengetahui efektivitas LKS pada peningkatan hasil belajar Mata Pelajaran Pembuatan Pola di SMK Negeri 1 Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest, dan untuk menguji hipotesis menggunakan t-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Busana Butik di SMK N 1 Tegal yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 78 siswa. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dengan cara undian, dan diperoleh kelas Busana Butik 2 sebagai kelas eksperimen yang akan diberi pembelajaran menggunakan LKS. Pengumpulan data yang digunakan metode tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Uji coba validitas instrumen menggunakan rumus product moment dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus K-R20. Metode analisis data menggunakan t test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Besar efektivitas dianalisis dengan uji gain score. Hasil Penelitian berdasarkan analisis uji t menunjukan thitung = 10,330 > ttabel = 2,060 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Kesimpulan yang diperoleh yaitu ada efektivitas penggunaan LKS pada Mata Pelajaran Pembuatan Pola dengan pokok bahasan pembuatan rok lipit hadap dan besarnya efektivitas adalah 0,50 atau dalam perhitungan gain masuk pada kategori sedang. Saran yang dapat diberikan yaitu penggunaan bahan ajar LKS dapat digunakan pada Mata Pelajaran lain selain Mata pelajaran Pembuatan Pola misalnya pada Disain Busana, pembiasaan pada siswa untuk disiplin dalam mengumpulkan tugas sehingga tidak memakan waktu yang cukup lama dalam penilaian hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, LKS, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Pembuatan Pola.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 10 Dec 2015 13:26
Last Modified: 10 Dec 2015 13:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22854

Actions (login required)

View Item View Item