PENGARUH KEBIASAAN MENGGUNAKAN BAHASA JAWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK PURNAMA 2 BANYUMAS

Ninik Puji Lestari , 2601410076 (2015) PENGARUH KEBIASAAN MENGGUNAKAN BAHASA JAWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK PURNAMA 2 BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KEBIASAAN MENGGUNAKAN BAHASA JAWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK PURNAMA 2 BANYUMAS ) - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Kebiasaan merupakan perbuatan manusia yang tetap dilakukan berulang- ulang. Kebiasaan berbahasa Jawa memjadikan kemampuan berbahasa Jawanya akan semakin baik. Kebiasaan berbahasa Jawa diduga berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Jawa siswa SMK Purnama 2 Banyumas. Rumusan masalah penelitian ini yaitu adakah pengaruh kebiasaan dalam menggunakan bahasa Jawa terhadap hasil belajar siswa SMK Purnama 2 Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan positif antara kebiasaan menggunakan bahasa Jawa dengan prestasi siswa SMK Purnama 2 Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun langkah- langkah penelitian ini yaitu menentukan variabel, menetapkan populasi, menetapkan sampel, dan pengumpulan data. Sasaran penelitian ini siswa kelas x dan xi sejumlah 63 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket, pedoman dokumen dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik angket, teknik dokumentasi, dan teknik wawancara. Teknik analisi data yang digunakan penelitian ini adalah kolerasi product moment dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil dari angket mendapatkan skor rata-rata 55,11 dan berdasarkan nilai siswa yang diperoleh dalam ujian semesteran mendapatkan 79,90. Kedua hasil tersebut membuktikan bahwa kebiasaan menggunakan bahasa Jawa mendapatkan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis statistik dengan menggunakan komputer diperoleh harga rxy sebesar 0,0888 dan rtabel 0,0086 pada N=63 serta harga koefisien determinasi (r2xy) sebesar 0,0078. Setelah dilakukan uji t diperoleh thitung sebesar 0,4470 dan ttabel sebesar 0,4924 pada taraf signifikasi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa kebiasaan menggunakan bahasa Jawa tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa SMK Purnama 2 Banyumas. Berdasarkan kedua uji di atas terdapat perbedaan yang menunjukkan hasil yang tidak normal dan tidak linier. Uji normalitas memperoleh hasil yang tidak normal, karena variabel hasil belajar siswa memperoleh x2 hitung sebesar 2,04119 dengan db 61, sehingga diperoleh x2 tabel dengan taraf signifikasi 5% adalah 0,111626. Dengan demikian x2 hitung lebih besar dari x2 tabel, maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa SMK Purnama 2 Banyumas, datanya berdistribusi tidak normal. Uji Linieritas memperoleh hasil yang tidak linier. Karena nilai P 8,94 lebih besar dari 0,05. Dengan demikian variabel kebiasaan menggunakan bahasa Jawa mempunyai hubungan yang tidak linier dengan hasil belajar siswa. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian yaitu (1) Bagi siswa perlu meningkatkan hasil belajar; (2) Bagi guru bisa menjadi masukan untuk mengarahkan siswa; (3) bagi peneliti lain di harapkan sebagai rujukan untuk membuat penelitian yang sejenis.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kebiasaan, bahasa Jawa, prestasi
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
    Depositing User: yuniati perpus unnes
    Date Deposited: 07 Jan 2016 07:47
    Last Modified: 07 Jan 2016 07:47

    Actions (login required)

    View Item