KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODETALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SANGKANJOYO KABUPATEN PEKALONGAN


ErizaPutriWillyarsanti, 1401411066 (2015) KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODETALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SANGKANJOYO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODETALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SANGKANJOYO KABUPATEN PEKALONGAN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODETALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SANGKANJOYO KABUPATEN PEKALONGAN) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang terdapat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Pembelajaran Pkn dalam pelaksanaannya masih menerapkan metode ceramah, sehingga pembelajaran berpusat pada guru dan membosankan. Pembelajaran yang demikian menjadikan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Metode pembelajaran Talking Stick dapat dijadikan sebagai metode alternatif dalam pembelajaran PKn. Dengan menerapkan metode pembelajaran Talking Stick, dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran Talking Stick terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi bangga sebagai bangsa Indonesia. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 01 Sangkanjoyodan SD Negeri 02 Kebonagung Kabupaten Pekalongan. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 60 orang siswa yang terdiri dari 30 orang siswa dari kelas eksperimen dan 30 orang siswa dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Leveneuntuk uji homogenitas, uji independent sampel t-test dan uji pihak kanan polled varian untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (19,859> 2,002) dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Sementara itu, data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,150> 2,002) dan signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar PKn antara siswa kelas III yang mendapatkan pembelajaran dengan metode pembelajaran Talking Stick dibandingkan dengan yang menerapkan metode ceramah. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji hipotesis komparatif dua sampel independen, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (19,97> 2,002). Sementara itu, hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,37 > 2,002). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan metode pembelajaran Talking Stick lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa dibandingkan dengan yang menerapkan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar; hasil belajar; metode pembelajaranTalking Stick.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:10
Last Modified: 12 Jan 2016 11:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22852

Actions (login required)

View Item View Item