PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DAERAH BINAAN I KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA


Margi Purbasari, 1401411062 (2015) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DAERAH BINAAN I KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DAERAH BINAAN I KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF (PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DAERAH BINAAN I KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia masig rendah, sehingga diperlukan upaya peningkatan kinerja guru sebagai salah satu faktor yang berpengaruh terhadap efisisensi pengajaran. Pentingnya peranan guru dalam pembelajaran, maka dibutuhkan adanya upaya peningkatan kinerja guru melalui suatu pemberian bimbingan dan juga dorongan dari kepala sekolah. Bimbingan kepala sekolah terhadap guru berkenaan dengan kegiatan pembelajaran dikenal dengan istilah supervisi akademik. Adapun keinginan peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Daerah Binaan I Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga”. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh guru di SD Dabin I Kecamatan Pengadegan sebanyak 99 guru, sedangkan sampel penelitian sebanyak 79 guru. Pengolahan data dimulai dengan uji validitas dan uji reliabilitas instrumen penelitian dengan menggunakan uji Cronbach’s Alpha. Selanjutnya, dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Uji linieritas dilakukan untuk mengetahui status linear tidaknya suatu distribusi sebuah penelitian. Langkah terakhir adalah analisis akhir (uji hipotesis) menggunakan statistik analisis regresi sederhana, sebagai alat prediksi dalam menentukan besarnya hubungan fungional antara variabel X dengan variabel Y. Berdasarkan uji pengaruh menunjukkan bahwa variabel supervisi akademik berpengaruh terhadap variabel kinerja guru dalam pembelajaran sebesar 23,2% dengan kriteria hubungan sedang. Artinya variabel kinerja guru mampu dijelaskan oleh variabel supervisi akademik sebesar 23,2% melalui hubungan linier Ý=75,977+0,4X. Oleh karena itu agar kinerja guru meningkat, maka supervisi akademik harus dilaksanakan secara optimal. Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian diantaranya pada pelaksanaan supervisi akademik, kepala sekolah harus lebih memperhatikan aspek pelaksanaan supervisi, sedangkan dalam hal kinerja mengajar guru, guru harus lebih meningkatkan kinerjanya terutama dalam aspek evaluasi pembelajaran dan tindak lanjut hasil penilaian siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Mengajar Guru; Supervisi Akademik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:12
Last Modified: 12 Jan 2016 11:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22850

Actions (login required)

View Item View Item