PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG
DESI DUWI LESTARI, 1401411059 (2015) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran IPS bertujuan membantu siswa untuk mengenal konsepkonsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya, memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis, kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial, memiliki komitmen serta kesadaran terhadap nilai-nilai sosial, kemanusiaan. Hasil refleksi bersama guru mitra SDN Mangkangkulon 01 Kota Semarang ditemukan masalah kualitas pembelajaran IPS kelas V masih rendah. Hal ini disebabkan kurang adanya optimalisasi penggunaan model pembelajaran inovatif sehingga berdampak pada kualitas belajar rendah. Berdasarkan nilai IPS semester I, hanya 19 dari 39 siswa yang mampu mencapai ketuntasan belajar (48,7%) dan sisanya 20 (51,3%) siswa masih di bawah KKM. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui penerapan model Make a Match berbantuan Falshcard pada siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model Make a Match berbantuan Flashcard pada siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang rancangan penelitiannya dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian keterampilan guru siklus I diperoleh skor 26 kategori baik, siklus II diperoleh skor 28 kategori baik, siklus III diperoleh skor 31 kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 21,7 kriteria baik, siklus II diperoleh skor rata-rata 22,8 kategori baik, siklus III diperoleh skor ratarata 24,5 kategori sangat baik. Hasil belajar diperoleh ketuntasan klasikal siklus I sebesar 64,1%, siklus II sebesar 76,9%, siklus III sebesar 92,3%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Make a Match berbantuan Flashcard dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan model pembelajaran Make a Match berbantuan Flashcard sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flashcard; IPS; Kualitas; Make a Match; Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 33364 not found. |
Date Deposited: | 12 Jan 2016 11:11 |
Last Modified: | 12 Jan 2016 11:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22845 |
Actions (login required)
View Item |