PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG


RATIH PURWANINGTYAS, 1401411058 (2015) PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran PKn bertujuan mendidik warga negara agar menjadi warga negara yang baik, patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis, dan Pancasila sejati. Berdasarkan hasil refleksi bersama guru mitra SDN Karanganyar 01 Kota Semarang ditemukan masalah sebagai berikut: 1) guru masih melakukan komunikasi satu arah untuk menjelaskan materi, sehingga peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran; 2) guru masih dominan dalam pembelajaran dan belum membimbing siswa menemukan sendiri pemahamannya; 3) guru jarang menggunakan media dalam pembelajaran. Maka berpijak pada kendala tersebut, peneliti bermaksud memperbaiki pembelajaran melalui penerapan model Course Review Horay Berbantuan Media Audio Visual. Rumusan masalah penelitian adalah “Bagaimanakah penerapan model Course Review Horay Berbantuan Media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Kota Semarang?” Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran PKn dengan menerapkan model Course Review Horay Berbantuan Media Audio Visual pada siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Kota Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga siklus, setiap siklus satu pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian keterampilan guru siklus I diperoleh skor 25 kriteria baik, siklus II diperoleh skor 29 kriteria baik dan siklus III diperoleh skor 34 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 23,2 kriteria baik, siklus II diperoleh skor rata-rata 26,6 kriteria baik, siklus III diperoleh skor ratarata 30,7 kriteria sangat baik. Hasil belajar diperoleh ketuntasan klasikal siklus I sebesar 56,25%, siklus II sebesar 70,8%, siklus III sebesar 87%. Simpulan dari penelitian ini adalah model Course Review Horay berbantuan Media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Kota Semarang. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan Media Audio Visual sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual, Course Review Horay, Kualitas Pembelajaran PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:11
Last Modified: 12 Jan 2016 11:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22843

Actions (login required)

View Item View Item