PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN KERTAS ORIGAMI SISWA KELAS IV SDN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO


Dafinta Sarastuti Dwi Wuryani, 1401411048 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN KERTAS ORIGAMI SISWA KELAS IV SDN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN KERTAS ORIGAMI SISWA KELAS IV SDN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN KERTAS ORIGAMI SISWA KELAS IV SDN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang kajian objeknya bersifat abstrak. Sementara karakteristik siswa SD rata-rata masih pada tahap perkembangan operasional konkret, sehingga diperlukan pembelajaran yang membantu siswa dalam mengkonkretkan materi matematika yang abstrak. Pada kenyataannya pembelajaran di kelas IV SDN Kaligesing masih menggunakan pendekatan tradisional yang berpusat ada guru. Guru juga jarang menggunakan media dalam pembelajaran untuk menjembatani siswa untuk berpikir konkret dalam memecahkan masalah matematika. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Hanya 55,89% siswa tahun pelajaran 2013/2014 yang mencapai KKM pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan nilai rata-rata 70. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN Kaligesing Kabupaten Purworejo dengan menerapkan pendekatan matematika realistik berbantuan kertas origami. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Keligesing Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif menggunakan teknik tes dan non tes. Indikator keberhasilan penelitian ini meliputi nilai performansi guru minimal 71 (B), persentase aktivitas belajar siswa sekurang-kurangnya 75%, dan rata-rata nilai kelas ≥ 70 dengan persentase tuntas belajar klasikal sekurang-kurangnya 75%. Dari pelaksanaan siklus I diperoleh nilai performansi guru sebesar 78,26 (B). Pada siklus II, nilai performansi guru meningkat menjadi 87,97 (A). Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa mencapai 68,35% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,9%. Pada siklus I, rata-rata nilai hasil belajar siswa mencapai 82,89 dengan persentase tuntas klasikal sebesar 85,29%. Sementara, pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 90,46 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 91,18%. Berdasarkan hasil penelitian ini,

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:14
Last Modified: 12 Jan 2016 11:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22842

Actions (login required)

View Item View Item