TINDAK TUTUR PERLOKUSI DALAM IKLAN RADIO DI KOTA KEBUMEN


Subur Riyanto , 2601410066 (2015) TINDAK TUTUR PERLOKUSI DALAM IKLAN RADIO DI KOTA KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TINDAK TUTUR PERLOKUSI   DALAM IKLAN RADIO DI KOTA KEBUMEN ]
Preview
PDF (TINDAK TUTUR PERLOKUSI DALAM IKLAN RADIO DI KOTA KEBUMEN ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemakaian Bahasa Jawa dalam iklan radio di Kota Kebumen bertujuan agar iklan berkesan lebih dekat dan lebih mudah diingat oleh masyarakat karena sebagian besar masyarakat Kebumen menggunakan bahasa Jawa dalam komunikasi kesehariannya. Tuturan dalam naskah iklan radio juga dibuat menarik, komunikatif, dan seefektif mungkin sehingga berpengaruh terhadap keragaman jenis tuturan yang digunakan dalam iklan radio. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) jenis tindak tutur perlokusi apa saja yang terdapat dalam iklan radio di Kota Kebumen?, (2) fungsi tindak tutur perlokusi apa saja yang terdapat dalam iklan radio di Kota Kebumen? Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsi jenis tindak tutur perlokusi apa saja yang terdapat dalam iklan radio di Kota Kebumen, (2) mendeskripsi fungsi tindak tutur perlokusi apa saja yang terdapat dalam iklan radio di Kota Kebumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dua pendekatan, yaitu pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoretis yang digunakan adalah pendekatan pragmatik, sedangkan pendekatan metodologis yang digunakan adalah kualitatif dan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari radio di Kota Kebumen. Data dalam penelitian ini berupa penggalan tuturan iklan radio berbahasa Jawa dalam iklan radio di Kota Kebumen yang diduga mengandung tindak tutur. Dalam penelitian ini ditemukan jenis tindak tutur perlokusi representatif, direktif, ekspresif, deklaratif dan tindak tutur langsung. Ditemukan juga fungsi tindak tutur representatif untuk menyatakan, menunjukkan, menyebutkan, dan memberikan kesaksian. Tindak tutur direktif berfungsi untuk mengajak, menyuruh, dan menyarankan. Tindak tutur ekspresif berfungsi untuk memuji. Tindak tutur deklaratif berfungsi untuk melarang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan yaitu perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang iklan radio dengan masalah yang lebih variatif sehingga dapat ditemukan hal baru yang dapat menambah pengatahuan tentang bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jenis dan fungsi tindak tutur, iklan radio
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:45
Last Modified: 07 Jan 2016 12:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22840

Actions (login required)

View Item View Item