PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG


Rizki Puji Astari , 2101409008 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERPEN   MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE   DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI IPS 4  SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (13MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyimak cerpen siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Randudongkal masih rendah. Hal tersebut disebabkan siswa kurang berminat dalam pembelajaran menyimak cerpen dan kurang memahami unsur intrinsik cerpen secara mendalam sehingga siswa kesulitan dalam menentukan unsur intrinsik cerpen. Salah satu siswa hanya membacakan cerpen dan siswa menyimaknya. Penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran kurang menarik dan membosankan membuat siswa bosan. Selain itu, guru belum secara intensif untuk membimbing siswa dalam pembelajaran menyimak cerpen. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) bagaimana kualitas proses pembelajaran keterampilan menyimak cerpen melalui model pembelajaran ThinkPair-Share dengan media audiovisual pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang; (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menyimak cerpen siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang setelah dilakukan pembelajaran menyimak melalui model pembelajaran Think-Pair-Share dengan media audiovisual; dan (3) bagaimanakan perubahan perilaku belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang dalam pembelajaran keterampilan menyimak cerpen melalui model pembelajaran Think-Pair-Share dengan media audiovisual. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu: (1) mendeskripsikan kualitas proses pembelajaran keterampilan menyimak cerpen melalui model pembelajaran Think-Pair-Share dengan media audiovisual pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak cerpen kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang setelah dilakukan pembelajaran menyimak melalui model pembelajaran Think-Pair-Share dengan media audiovisual; dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang dalam pembelajaran keterampilan menyimak melalui model pembelajaran Think-Pair-Share dengan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap  siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyimak cerpen kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Randudongkal. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes dilaksanakan dalam tes keterampilan siswa dalam mengapresiasi cerpen berupa tes tertulis, sedangkan teknik nontes diterapkan melalui observasi, wawancara, jurnal guru dan siswa, serta dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada proses pembelajaran menyimak cerpen melalui model pembelajaran Think-Pair-Share dengan media audiovisual. Pada pembelajaran menyimak cerpen siklus I siswa belum serius menyimak cerpen sehingga siswa kesulitan dalam mengerjakan soal. Banyak siswa yang menyontek jawaban teman ketika mengerjakan soal. Kegiatan diskusi tidak dilaksanakan dengan baik, mereka hanya saling melengkapi jawaban yang belum dikerjakan. Permasalahan tersebut dapat diatasi pada pembelajaran siklus II. Siswa sudah serius dalam menyimak cerpen sehingga siswa tidak lagi menyontek jawaban teman. Siswa juga sudah melaksanakan diskusi dan presentasi dengan baik, siswa saling berpendapat dan menanggapi pendapat. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 72,45 dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75 pada masing-masing siswa sehingga dilakukan siklus II. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 7,05 atau sebesar 9,7% menjadi sebesar 79,5 dalam kategori baik. Perilaku siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Randudongkal dalam pembelajaran menyimak cerpen melalui model pembelajaran Think-Pair-Share dengan media audiovisual mengalami perubahan ke arah positif. Pada pembelajaran siklus I diketahui siswa belum aktif selama pembelajaran. Pada pembelajaran siklus II siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih positif. Siswa menjadi serius dalam memperhatikan penjelasan guru dan menyimak cerpen sehingga siswa dapat mengerjakan soal dengan mudah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyimak cerpen melalui model pembelajaran Think-Pair-Share dengan media audiovisual telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerpen siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Randudongkal dan mengubah perilaku siswa ke arah positif. Peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share dengan media audiovisual sebagai alternatif dalam pembelajaran menyimak cerpen. Penerapan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan dengan kondisi siswa dan kondisi lingkungan sekolah. Para peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menyimak cerpen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyimak cerpen, model Think-Pair-Share, media audiovisual
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 1777 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 13:02
Last Modified: 07 Jan 2016 13:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22834

Actions (login required)

View Item View Item