PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERMUKAAN BUMI MELALUI STRATEGI TAKE AND GIVE KELAS III SDN TEMBOK KIDUL 01 KABUPATEN TEGAL


Yusika Yanuarsih, 1401411047 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERMUKAAN BUMI MELALUI STRATEGI TAKE AND GIVE KELAS III SDN TEMBOK KIDUL 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERMUKAAN BUMI MELALUI STRATEGI TAKE AND GIVE KELAS III SDN TEMBOK KIDUL 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERMUKAAN BUMI MELALUI STRATEGI TAKE AND GIVE KELAS III SDN TEMBOK KIDUL 01 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Tembok Kidul 01 masih berpusat pada guru dan kurang inovatif sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran, dalam hal ini guru berperan sebagai pemberi informasi dan siswa berperan sebagai penerima informasi pasif. Faktor inilah yang menyebabkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa belum maksimal. Tindakan yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah ini adalah dengan melakukan inovasi pembelajaran salah satunya dengan menggunakan strategi Take and Give untuk pembelajaran IPA materi kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas III SDN Tembok Kidul 01 Kabupaten Tegal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa kelas III SDN Tembok Kidul 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkolaborasi dengan guru kelas III SDN Tembok Kidul 01. Penelitian ini dalam dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu, nilai performansi guru minimal B ( ≥ 71), ketidakhadiran siswa maksimal 10%, keterlibatan siswa mencapai kriteria aktif ( ≥ 71% ), rata-rata kelas minimal 70 dan persentase tuntas belajar klasikal minimal 75%. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, perolehan nilai performansi guru yang diperoleh melalui APKG 1 dan 2 pada siklus I memperoleh 77,42 dengan skala penilaian B dan pada siklus II memperoleh 91,32 dengan skala penilaian A sehingga performansi guru mengalami peningkatan sebesar 13,9. Perolehan nilai aktivitas siswa pada siklus I mencapai 73,52% dengan keaktifan sangat tinggi kemudian pada siklus II mencapai 86,70% dengan kriteria keaktifan sangat tinggi, terjadi peningkatan sebesar 13,18pada nilai aktivitas siswa. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mencapai 75,53 dan pada siklus II 79,87 sehingga ketuntasan belajar klasikal meningkat dari siklus I sebesar 84% menjadi 89% pada siklus II. Disimpulkan bahwa, dengan penerapan strategi Take and give dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi kenampakan permukaan bumi siswa kelas III SDN Tembok Kidul 01 Kabupaten Tegal. Selanjutnya disarankan kepada guru untuk menggunakan strategi Take and Give dalam pembelajaran yang lain untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas siswa dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, strategi Take and Give
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:13
Last Modified: 12 Jan 2016 11:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22833

Actions (login required)

View Item View Item