PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN MEDIA VIDEO PADA KELAS IV A SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG


PUJI LESTARI, 1401411045 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN MEDIA VIDEO PADA KELAS IV A SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN MEDIA VIDEO PADA KELAS IV A SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN MEDIA VIDEO PADA KELAS IV A SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan PKn di sekolah dasar adalah untuk menjadikan warga negara yang baik, yaitu warga negara yang tahu, mau, dan sadar akan hak dan kewajibannya. PKn di SD merupakan proses pembelajaran untuk membentuk karakter bangsa yang demokratis. Data awal yang diperoleh kualitas pembelajaran PKn di kelas IV A SDN Karanganyar 02 Semarang belum optimal, guru menggunakan model pembelajaran yang kurang inovatif dan kurang memanfaatkan media yang ada di sekolah, partisipasi siswa rendah dalam menjawab soal. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menetapkan solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Media Video. Model Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Media Video membantu siswa berani berbicara, lebih mudah dan cepat memahami serta menguasai materi yang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Media Video untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Media Video. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I pertemuan 1dan 2 memperoleh skor 19 (kriteria baik) dan 21 (kriteria baik). Pada siklus II pertemuan 1 dan 2 memperoleh skor 28 (kriteria sangat baik) dan 31 (kriteria sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 memperoleh skor 17,5 (kriteria baik) dan 20,7 (kriteria baik). Pada siklus II pertemuan 1 dan 2 memperoleh skor 21,6 (kriteria baik) dan 24,1 (kriteria baik). Pada prasiklus ketuntasan klasikal 34,8%. Ketuntasan klasikal pada siklus I pertemuan 1 dan 2 65,22% dan 73,91%. Ketuntasan klasikal pada siklus II pertemuan 1 dan 2 mencapai 78,26% dan 86,96%. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Model Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Media Video dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menerapkan model pembelajaran dan media inovatif salah satunya dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Media Video

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audiovisual; Kualitas; Pembelajaran; PKn; Talking Stick
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:16
Last Modified: 12 Jan 2016 11:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22832

Actions (login required)

View Item View Item