KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KALIGIRI 2 KABUPATEN BREBES
Mei Purwanti, 1401411036 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KALIGIRI 2 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KALIGIRI 2 KABUPATEN BREBES)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
IPS merupakansuatu program pendidikan yang mengkaji tentang fenomena-fenomena yang terjadi dalam lingkungan sosial kemasyarakatan. Namun sayangnya, pembelajaran IPS di SD masih menggunakan pembelajaran konvensional, dimana guru hanya menyampaikan materi dengan ceramah dan tanya jawab. Siswa hanya menerima dan menghafal materi yang dijelaskan oleh guru, sehingga kurang terlatih kemampuan sosialnya dan hasil belajar IPS menjadi rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan melatih kemampuan sosial siswa.Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan seluruh siswa, yaitu model think pair share. Model think pair share memberikan kesempatan untuk bekerjasama antarsiswa yang mempunyai kemampuan heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model think pair share terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IIISekolah Dasar Negeri Kaligiri 2 Kabupaten Brebes. Populasidalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Kaligiri 1 dan 2 Kabupaten Brebes yang berjumlah 77 siswa yang terdiri dari 38 di kelas eksperimen dan 39 di kelas kontrol. Sampel yang diambil sebanyak 32 di kelas eksperimen dan 33 di kelas kontrol. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, Levene’stest untuk uji homogenitas, dan t testuntuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20 Berdasarkan hasil uji hipotesis data hasil belajar siswa menggunakan independent samples t test diperoleh nilai thitung= 3,343 dengan signifikansi= 0,001 dan ttabel= 1,998. Hasil pengujian menunjukkan bahwathitung>ttabel (3,343 >1,998) dan signifikansinya 0,001<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar yang menggunakan model TPS dengan model konvensionalpada materi Uang dan Pengelolaan Uang dalam Tema Permainan. Berdasarkan hasil pengujian keefektifan model dengan menggunakan one sample t test, diperoleh nilai thitung=5,240 dan signifikansinya 0,000 serta harga ttabel= 2,040. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabeldan signifikannya 0,000<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif TPS efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Uang dan Pengelolaan Uang dalam Tema Permainan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, model think pair share |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 33364 not found. |
Date Deposited: | 12 Jan 2016 11:10 |
Last Modified: | 12 Jan 2016 11:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22827 |
Actions (login required)
View Item |