PENINGKATAN MEMBANDINGKAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN POLA KOLABORATIF THINK PAIR AND SHARE DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING PADA PESERTA DIDIK KELAS X OTOMASI SMK N 2 KENDAL
Ana Istiana Noor , 2101409003 (2015) PENINGKATAN MEMBANDINGKAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN POLA KOLABORATIF THINK PAIR AND SHARE DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING PADA PESERTA DIDIK KELAS X OTOMASI SMK N 2 KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENINGKATAN MEMBANDINGKAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN POLA KOLABORATIF THINK PAIR AND SHARE DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING PADA PESERTA DIDIK KELAS X OTOMASI SMK N 2 KENDAL )
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X Otomasi SMK N 2 Kendal, nilai membandingkan teks prosedur kompleks peserta didik kelas X Otomasi SMK N 2 Kendal masih rendah. Nilai rerata kelas yang diperoleh sebesar 68,3. Padahal, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75 atau pada nilai konversi sesuai Kurikulum 2013 yaitu 2,8 dengan predikat baik. Oleh karena itu, peserta didik kelas X Otomasi SMK N 2 Kendal belum mencapai batas minimal yang ditentukan sekolah. Beberapa faktor yang menyebabkan adalah (1) peserta didik merasa kurang dalam mengolah kata dalam menyampaikan hasil diskusi membadingkan teks di kelas; (2) peserta didik cenderung kurang perhatian dengan materi; (3) kurangnya kepercayaan diri peserta didik dalam menyampaikan hasil diskusi; (4) peserta didik masih terpancang dengan teori-teori yang berkaitan dengan materi tanpa bisa memahami maksud dan tujuan diberikan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian (1) bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran membandingkan teks prosedur kompleks peserta didik selama mendapatkan pembelajaran menggunakan pola kolaboratif think pair and share dengan teknik brainstorming, (2) bagaimana perubahan perilaku spiritual peserta didik selama mengikuti pembelajaran membandingkan teks prosedur kompleks menggunakan pola kolaboratif think pair and share dengan teknik brainstorming, (3) bagaimana perubahan perilaku sosial peserta didik selama mengikuti pembelajaran membandingkan teks prosedur kompleks menggunakan pola kolaboratif think pair and share dengan teknik brainstorming, dan (4) bagaimana peningkatan membandingkan teks prosedur kompleks menggunakan pola kolaboratif think pair and share dengan teknik brainstorming. Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran membandingkan teks prosedur kompleks peserta didik selama mendapatkan pembelajaran menggunakan pola kolaboratif think pair and share dengan teknik brainstorming, (2) mendeskripsikan perubahan perilaku spiritual peserta didik selama mengikuti pembelajaran membandingkan teks prosedur kompleks menggunakan pola kolaboratif think pair and share dengan teknik brainstorming, (3) mendeskripsikan perubahan perilaku sosial peserta didik selama mengikuti pembelajaran membandingkan teks prosedur kompleks menggunakan pola kolaboratif think pair and share dengan teknik brainstorming, dan (4) mendeskripsikan peningkatan membandingkan teks prosedur kompleks menggunakan pola kolaboratif think pair and share dengan teknik brainstorming. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membandingkan teks prosedur kompleks peserta didik kelas X Otomasi SMK N 2 Kendal yang berjumlah 34 siswa. Variabel penelitian terdiri atas variabel penelitian membandingkan teks prosedur kompleks dan variabel pola kolaboratif think pair and share dan teknik brainstorming. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes, pedoman observasi, pedoman jurnal, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Temuan dalam penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran membandingkan teks prosedur kompleks menggunakan pola kolaboratif think pair and share dengan teknik brainstorming pada siklus II berjalan dengan lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran pada siklus I, (2) terjadi perubahan perilaku spiritual peserta didik menjadi lebih baik selama mengikuti pembelajaran membandingkan teks prosedur kompleks menggunakan pola kolaboratif think pair and share dengan teknik brainstorming dari 94% peserta didik pada siklus I menjadi 100% pada siklus II dengan penigkatan sebesar 6 % dan termasuk dalam kategori baik, (3) terjadi perubahan perilaku sosial siswa menjadi lebih baik selama mengikuti pembelajaran membandingkan teks prosedur kompleks menggunakan pola kolaboratif think pair and share dengan teknik brainstorming, yaitu peserta didik memiliki perilaku spiritual, peduli, tanggung jawab, dan santun, (4) terjadi peningkatan pengetahuan membandingkan teks prosedur kompleks pada siklus I nilai rerata kelas 70,9 menjadi 86,87 pada siklus II yaitu sebesar 18,09 (15,97%). Setelah dilaksanakan penelitian ini, diharapkan (1) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (a) kiranya dapat memanfaatkan pola kolaboratif think pair and share dengan teknik brainstorming sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, (b) guru hendaknya mengetahui perkembangan zaman agar dapat memberikan inovasi dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak terkesan monoton dan juga untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi persaingan yang semakin menantang; dan (2) para praktisi atau peneliti di bidang bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan pola dan teknik, sehingga didapatkan berbagai alternatif pola dan teknik dalam pembelajaran membandingkan teks prosedur kompleks.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membandingkan teks prosedur kompleks, think pair and share, teknik brainstorming |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 1777 not found. |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 13:18 |
Last Modified: | 11 Apr 2018 15:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22826 |
Actions (login required)
View Item |