PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA INTENSIF PADA SISWA KELAS III SDN LEBAKGOWAH 03 KABUPATEN TEGAL
Sohifatul Hayati, 1401411034 (2015) PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA INTENSIF PADA SISWA KELAS III SDN LEBAKGOWAH 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA INTENSIF PADA SISWA KELAS III SDN LEBAKGOWAH 03 KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia pada materi membaca intensif kelas III SDN Lebakgowah 03 Kabupaten Tegal masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil belajar semester I adalah 67 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 57%. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh faktor yang berasal dari guru dan siswa. Guru masih menerapkan metode pembelajaran konvensional yang didominasi metode ceramah dan pemberian tugas. Penerapan metode pembelajaran konvensional menyebabkan siswa jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran, sehingga siswa tidak memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Permasalahan tersebut harus segera dipecahkan agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan judul “Penerapan Metode Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Intensif Pada Siswa Kelas III SDN Lebakgowah 03 Kabupaten Tegal.” Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Lebakgowah 03 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes. Teknik tes menggunakan bentuk soal pilihan ganda yang berjumlah lima belas. Teknik nontes menggunakan lembar pengamatan terhadap performansi guru dan aktivitas belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Cooperative Script berhasil meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar membaca intensif pada siswa kelas III SDN Lebakgowah 03. Pada siklus I rata-rata perforrmansi guru adalah 80,25 (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 86,63 (A). Persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 73 %, dan meningkat pada siklus II menjadi 80,71%. Ratarata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,04 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 69,56%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,09 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 91,30%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar membaca intensif pada siswa kelas III SDN Lebakgowah 03 Kabupaten Tegal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Membaca intensif, Metode Cooperative Script |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 33364 not found. |
Date Deposited: | 12 Jan 2016 11:10 |
Last Modified: | 12 Jan 2016 11:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22825 |
Actions (login required)
View Item |