PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMASATU BABAK MELALUI MEDIA FILM BISU SISWA KELAS VIII ASMP NEGERI IV BANJARHARJO KABUPATEN BREBES

Iqbal Daika Febrian , 2101408131 (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMASATU BABAK MELALUI MEDIA FILM BISU SISWA KELAS VIII ASMP NEGERI IV BANJARHARJO KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNNES.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMASATU BABAK MELALUI MEDIA FILM BISU SISWA KELAS VIII ASMP NEGERI IV BANJARHARJO KABUPATEN BREBES ) - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Banjarharjo masih rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis naskah drama disebabkan oleh dua Faktor. Pertama, yaitu faktor siswa. Siswa kurang minat terhadap pembelajaran menulis naskah drama. Kedua, yaitu faktor guru. Guru kurang kreatif dalam memilih dan menggunakan media serta teknik pembelajaran. Dalam keaadaan demikian, peneliti merasa tertantang untuk mendapatkan jalan keluar permasalahan itu. Salah satu upaya untuk dapat peneliti lakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Banjarharjo Kabupaten Brebes, yaitu melalui media film bisu. Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini mengkaji tiga masalah, yaitu (1) bagaimana proses pembelajaran menulis naskah drama satu babak melalui media film bisu siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Banjarharjo Kabupaten Brebes, (2) bagaimana peningkatan kemampuan menulis naskah drama satu babak melalui media film bisu pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Banjarharjo Kabupaten Brebes (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Banjarharjo dalam pembelajaran menulis naskah drama satu babak melalui media film bisu. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses kegiatan menulis naskah drama satu babak melalui media film bisu siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Banjarharjo Kabupaten Brebes, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Banjarharjo melalui media film bisu, (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Banjarharjo dalam pembelajaran menulis naskah drama satu babak melalui media film bisu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitiannya keterampilan menulis naskah drama satu babak melalui media film bisu. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel keterampilan menulis naskah drama satu babak dan variabel film bisu. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, wawancara, jurnal, dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dengan cara membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisis data penelitian disimpulkan bahwa melalui media film bisu keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Banjarharjo Kabupaten Brebes menunjukan adanya peningkatan. Pada prasiklus, nilai rata-rata klasikal mencapai 59,26 (kurang). Hal tersebut meningkat sebesar 36% pada siklus I dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 66,6 (cukup). Kekurangan pada siklus I adalah sulit mengatur permainan alur, pemilihan kata, kaidah penulisan. Pada siklus II hasil tersebut meningkat lagi sebesar 84% dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 79 (baik). Dari data nontes, diperoleh hasil bahwa sebagian siswa senang dan tertarik dengan pembelajaran menggunakan media film bisu. Setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama melalui media film bisu perilaku siswa mengalami perubahan kearah yang positif. Siswa menjadi lebih aktif, semangat dan antusias dalam pembelajaran menulis naskah drama satu babak. Selanjutnya, disarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan media film bisu sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis naskah drama. Bagi peneliti lain diharapkan dapat melakukan penelitian yang sama dengan menggunakan media, metode, teknik pembelajaran yang berbeda.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: : kemampuan menulis, naskah drama satu babak, media film bisu.
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: khomirah upt unnes
    Date Deposited: 07 Jan 2016 08:01
    Last Modified: 07 Jan 2016 08:01

    Actions (login required)

    View Item