PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MENGGUNAKAN METODE SUMBANG SARAN (BRAINSTORMING) DAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII E MTs NEGERI MIRI, SRAGEN TAHUN AJARAN 2013/2014

: Lika Beti Kusnul Khotimah , 2101408070 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MENGGUNAKAN METODE SUMBANG SARAN (BRAINSTORMING) DAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII E MTs NEGERI MIRI, SRAGEN TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, UNNES.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MENGGUNAKAN METODE SUMBANG SARAN (BRAINSTORMING) DAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII E MTs NEGERI MIRI, SRAGEN TAHUN AJARAN 2013/2014 ) - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Keterampilan menulis naskah drama merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Keterampilan menulis naskah drama siswa Mts Negeri Miri, Sragen kelas VIII belum dikatakan baik secara keseluruhan. Hal ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode klasikal yaitu metode ceramah biasa sehingga terkesan menjenuhkan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama terutama siswa kelas VIII Mts Negeri Miri, Sragen dapat menggunakan metode sumbang saran (brainstorming) dan teknik latihan terbimbing. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana proses, peningkatan, dan perubahan perilaku belajar siswa dari pembelajaran keterampilan menulis naskah drama kelas VIII E Mts Negeri Miri dengan menggunakan metode sumbang saran (brainstorming) dan teknik latihan terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas VIII E Mts Negeri Miri setelah dilakukan pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan metode sumbang saran (brainstorming) dan teknik latihan terbimbing; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis naskah drama menggunakan metode sumbang saran (brainstorming) dan teknik latihan terbimbing pada siswa kelas VIII E Mts Negeri Miri; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis naskah drama setelah dilakukan pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan metode sumbang saran (brainstorming) dan teknik latihan terbimbing pada siswa kelas VIII E Mts Negeri Miri. Pengambilan data yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu keterampilan menulis naskah drama, metode sumbang saran (brainstorming), dan teknik latihan terbimbing. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis naskah drama siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, data dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis naskah drama dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil yang diperoleh yaitu adanya peningkatan keterampilan menulis naskah drama menggunakan metode sumbang saran (brainstorming) dan teknik latihan terbimbing pada siswa kelas VIII E MTs Negeri Miri, Sragen. Proses pembelajaran menulis naskah drama siklus I mengalami peningkatan pada siklus II yaitu adanya perubahan nilai dari perbaikan proses pembelajaran yang dilakukan. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 68.27 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80.77 meningkat 8.31 % atau dalam kategori baik. Peningkatan keterampilan menulis naskah drama ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis naskah drama menggunakan metode sumbang saran (brainstorming) dan teknik latihan terbimbing telah berhasil mengubah hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia menggunakan metode sumbang saran (brainstorming) dan teknik latihan terbimbing sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis naskah drama. Penerapan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan sekolah, serta kondisi lingkungan masyarakat sekitar. Para peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis naskah drama.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: :menulis naskah drama, metode sumbang saran (brainstorming), teknik latihan terbimbing.
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: khomirah upt unnes
    Date Deposited: 07 Jan 2016 08:02
    Last Modified: 07 Jan 2016 08:02

    Actions (login required)

    View Item