PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TEKNIK TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN


Febriana Intan Permatasari , 2101408064 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TEKNIK TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN  PENDEKATAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION  DENGAN TEKNIK TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII C   SMP NEGERI 2 TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN ]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TEKNIK TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN ) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Keterampilan menulis puisi siswa SMP Negeri 2 Tawangharjo Kabupaten Grobogan kelas VII C belum dikatakan baik secara keseluruhan. Hal ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode klasikal yaitu metode ceramah sehingga terkesan menjenuhkan, kurangnya penggunaan pendekatan, teknik, dan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, dan kurangnya motivasi siswa dalam menulis puisi karena adanya anggapan siswa mengenai pembelajaran menulis puisi yang sulit. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo Kabupaten Grobogan dapat menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dan teknik tutor sebaya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo dengan menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dengan teknik tutor sebaya; (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dengan teknik tutor sebaya; (3) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi pada saat dilakukan pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dengan teknik tutor sebaya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dengan teknik tutor sebaya; (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dengan teknik tutor sebaya pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dengan teknik tutor sebaya pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis puisi dan penggunaan pedekatan kooperatif team assisted individualization dan teknik tutor sebaya. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis puisi siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, da dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis puisi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dengan teknik tutor sebaya pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 73,33 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,04 atau dalam kategori baik. Pada siklus I dan siklus II meningkat 9,71 atau sebesar 13,24%. Peningkatan keterampilan menulis puisi ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Pada siklus II kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif, siswa yang kurang termotivasi lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis puisi pada siklus II dan tampak serius, aktif, mandiri, percaya diri, serta antusias mengikuti pembelajaran menulis puisi. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dan teknik tutor sebaya telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP 2 Tawangharjo Grobogan dan mengubah perilaku siswa ke arah positif. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan atau menerapkan pendekatan kooperatif team assisted individualization dan teknik tutor sebaya sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis puisi. Penerapan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan sekolah, serta kondisi lingkungan masyarakat sekitar sehingga hasil yang diperoleh bermanfaat secara maksimal. Para peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, pendekatan kooperatif team assisted individualization, teknik tutor sebaya
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 1777 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 13:02
Last Modified: 07 Jan 2016 13:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22822

Actions (login required)

View Item View Item