PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEVALUASI PEMERAN TOKOH DALAM PEMENTASAN DRAMA DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 REMBANG


Cahyaningtyas Utami , 2101408047 (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEVALUASI PEMERAN TOKOH DALAM PEMENTASAN DRAMA DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 REMBANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEVALUASI PEMERAN  TOKOH DALAM PEMENTASAN DRAMA DENGAN PENDEKATAN  KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DENGAN MEDIA  AUDIOVISUAL UNTUK SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1  REMBANG   ]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEVALUASI PEMERAN TOKOH DALAM PEMENTASAN DRAMA DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 REMBANG ) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan mengapresiasi drama merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Kemampuan mengapresiasi drama siswa SMP Negeri 1 Rembang kelas VIII belum dapat dikatakan baik secara keseluruhan. Faktor penyebabnya adalah (1) siswa kurang tertarik dengan pembelajaran apresiasi drama, (2) siswa sulit menganalisis unsurunsur dalam pementasan drama. Permasalahan yang dikaji adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama dengan pendekatan kooperatif tipe the power of two dengan media audiovisual; (2) bagaimana peningkatan kemampuan mengapresiasi pemeran tokoh dalam pementasan drama siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Rembang setelah menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe the power of two dengan menggunakan media audiovisual; (3) Bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Rembang dalam mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe the power of two dengan menggunakan media audiovisual. Tujuan penelitian ini adalah; (1) mendeskripsikan proses pembelajaran mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama dengan pendekatan kooperatif tipe the power of two dengan media audiovisual; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengapresiasi pemeran tokoh dalam pementasan drama siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Rembang setelah menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe the power of two dengan media audiovisual; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa VIII B SMP Negeri 1 Rembang dalam mengikuti pembelajaran mengapresiasi pemeran tokoh dalam pementasan drama setelah dilakukan pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe the power of two dengan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah kemampuan mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama siswa kelas VIII B semester 1 SMP Negeri 1 Rembang. Siswa kelas VIII B sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes tertulis sebanyak dua kali, yaitu pada siklus I dan pada siklus II. Teknik nontes berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik kuantitatif dilakukan untuk menganalisis data yang diperoleh siswa setelah tes dilakukan. Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis data nontes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rembang dalam mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama. Nilai rata-rata pada siklus I mencapai 63,47 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 78,19 atau dalam kategori baik. Pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan 14,72 atau 24,29%. Peningkatan keterampilan mengapresiasi drama ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Pada siklus II kondisi kelas sudah lebih kondusif, siswa sudah aktif mengemukakan pendapat dan berantusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa yang awalnya tidak berani mempresentasikan hasil diskusi menjadi lebih berani, siswa juga tampak mandiri, bertanggungjawab, dan serius dalam mengikuti pembelajaran apresiasi drama. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengapresiasi drama dengan pendekatan kooperatif tipe the power of two dengan media audiovisual telah dilaksanakan dengan baik sehingga meningkatkan kemampuan mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rembang dan mengubah perilaku siswa ke arah positif. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan guru bahasa dan sastra Indonesia dapat memanfaatkan pendekaatan kooperatif tipe the power of two untuk menciptakan suasana belajar yang berbeda dan menarik bagi siswa. Bagi sekolah dengan fasilitas multimedia, media audiovisual hendaknya digunakan dalam mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada umumnya dan keterampilan menyimak pada khususnya. Para peneliti di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia atau peneliti lain hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pembelajaran mengapresiasi drama khususnya mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengapresiasi drama, pendekatan kooperatif the power of two, media audiovisual
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 1777 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 13:01
Last Modified: 07 Jan 2016 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22817

Actions (login required)

View Item View Item