PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI GAMBAR DEKORATIF MELALUI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN PENGGUNAAN MEDIA KERTAS STRIMIN PADA SISWA KELAS III SDN KALIGIRI 01 BREBES


Lilis Rohmawati, 1401411032 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI GAMBAR DEKORATIF MELALUI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN PENGGUNAAN MEDIA KERTAS STRIMIN PADA SISWA KELAS III SDN KALIGIRI 01 BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI GAMBAR DEKORATIF MELALUI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN PENGGUNAAN MEDIA KERTAS STRIMIN PADA SISWA KELAS III SDN KALIGIRI 01 BREBES]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI GAMBAR DEKORATIF MELALUI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN PENGGUNAAN MEDIA KERTAS STRIMIN PADA SISWA KELAS III SDN KALIGIRI 01 BREBES) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran SBK materi Gambar dekoratif pada siswa kelas III SD Negeri Kaligiri 01 Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes tahun 2013/2014 masih tergolong rendah karena pembelajaran cenderung berpusat pada aspek kognitif saja tanpa memberi kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara langsung dalam menciptakan suatu karya. Hal ini menjadikan aspek psikomotor dan aspek afektif siswa belum berkembang secara optimal. Faktor inilah yang mempengaruhi hasil belajar SBK. Berdasarkan data nilai mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan, terdapat 15 dari 34 siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran SBK, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Explicit Instruction. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Kaligiri 01pada materi Gambar Dekoratif.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III tahun 2014/2015 yang berjumlah 39 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan, serta guru kelas III SD Negeri Kaligiri 01. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh hasil pengamatan terhadap persentase aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 72,44% menjadi 81,73% pada siklus II. Demikian pula performansi guru pada siklus I mencapai 82,5 dan meningkat menjadi 91,3 pada siklus II. Sedangkan, persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 74,25% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,15 dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 97,44% dengan nilai ratarata kelas sebesar 83,76. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Explicit Instruction dapat meningkatkan kualitas pembelajaran SBK materi Gambar Dekoratif pada siswa kelas III SD Negeri Kaligiri 01 Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes tahun 2014/2015. Saran untuk semua pihak terkait diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini, baik sebagai penelitian lanjutan maupun penelitian lain tentang model pembelajaran Explicit Instruction, sehingga diharapkan dapat memperoleh temuan-temuan baru yang bermanfaat demi mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gambar dekoratif, model Explicit Instruction, pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:13
Last Modified: 12 Jan 2016 11:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22815

Actions (login required)

View Item View Item