REKONSTRUKSI CERITA RITUAL PENCUKURAN RAMBUT GIMBAL SEBAGAI PENGAYAAN CERITA RAKYAT MASYARAKAT DIENG

Faradila Rizqi Suryani , : 2601410061 (2015) REKONSTRUKSI CERITA RITUAL PENCUKURAN RAMBUT GIMBAL SEBAGAI PENGAYAAN CERITA RAKYAT MASYARAKAT DIENG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (REKONSTRUKSI CERITA RITUAL PENCUKURAN RAMBUT GIMBAL SEBAGAI PENGAYAAN CERITA RAKYAT MASYARAKAT DIENG ) - Published Version
Download (2140Kb)

    Abstract

    Tujuan untuk merekonstruksi cerita tradisi pencukuran rambut gimbal di Dataran Tinggi Dieng adalah sebagai bahan pengayaan cerita rakyat masyarakat Dieng. Dirasa perlu karena dengan diadakanya rekonstruksi cerita adat pencukuran rambut gimbal tersebut masyarakat Dataran Dieng khususnya dan Banjarnegara pada umumnya mengetahui asal muasal adanya upacara adat yang sudah sangat dikenal dikalangan masyarakat tersebut. Berdasarkan uraian tersebut, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana struktur cerita yang terdapat pada cerita rakyat adat pencukuran rambut gimbal di Dataran Tinggi Dieng. Dan bagaimana persamaan dan perbedaan versi cerita ritual pencukuran rambut gimbal di Dataran Tinggi Dieng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, yaitu pendekatan yang menekankan pengamatan pada suatu peristiwa yang terjadi pada waktu dan situasi tertentu. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk mengetahui urutan peristiwanya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan teks cerita hasil dari rekonstruksi cerita ritual pencukuran rambut gimbal di Dataran Tinggi Dieng yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman tentang asal muasal cerita ritual pencukuran rambut gimbal di Dataran Tinggi Dieng masyarakat Dieng khususnya dan Banjarnegara pada umumnya. Saran yang dapat diberikan dari hasil analisis cerita ritual pencukuran rambut gimbal ini yang berupa teks cerita untuk masyarakat hendaknya dapat membantu melestarikan salah satu hasil karya sastra yaitu cerita rakyat yang ada di Kabupaten Banjarnegara dan dapat digunakan sebagai referensi bagi penelitian yang sejenis khususnya yang berkaitan dengan cerita rakyat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: rekonstruksi, ritual pencukuran rambut gimbal, cerita rakyat.
    Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
    Depositing User: yuniati perpus unnes
    Date Deposited: 07 Jan 2016 07:45
    Last Modified: 07 Jan 2016 07:45

    Actions (login required)

    View Item