STRUKTUR WACANA RUBRIK SANG PAMOMONG PADA HARIAN SUARA MERDEKA (MODEL VAN DIJK)

Rofika Dwi Puspaningrum , 2601409115 (2015) STRUKTUR WACANA RUBRIK SANG PAMOMONG PADA HARIAN SUARA MERDEKA (MODEL VAN DIJK). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (STRUKTUR WACANA RUBRIK SANG PAMOMONG PADA HARIAN SUARA MERDEKA (MODEL VAN DIJK) ) - Published Version
Download (750Kb)

    Abstract

    Hampir semua media massa di tengah khalayak menyajikan informasi terkait pemerintahan, termasuk surat kabar. Sebagai penyeimbang dan bahan refleksi dari pembacanya, surat kabar menyajikan artikel opini yang berasal dari kalangan masyarakat, yang disebut esai. Secara berkala, tiap penerbit memuat artikel-artikel tersebut, termasuk harian Suara Merdeka. Harian tersebut memiliki sejumlah rubrik opini, salah satunya rubrik Sang Pamomong yang menggunakan bahasa Jawa pada tataran umum sebagai bahasa pengantarnya. Esai merupakan wacana tulis yang bersifat transaksional, dimana penulis hanya melaporkan suatu peristiwa pada pembacanya. Pastilah esai tidak bisa lepas dari subjektivitas penulisnya. Untuk memahami peristiwa yang dikabarkan penulis dan mendapatkan sejumlah fakta darinya, dibutuhkan analisis wacana. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis sejumlah teks pada rubrik Sang Pamomong dengan menggunakan model van Dijk. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi struktur-struktur pembangun esai, yang digunakan sebagai strategi oleh esais (penulis), sehingga didapati sejumlah gambaran dari peristiwa tersebut serta karakteristik Sang Pamomong dalam memaparkannya. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yakni teoretis dan metodologis. Secara teoretis digunakan analisis wacana kritis oleh Teun A. van Dijk, sedangkan secara metodologis digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian adalah sejumlah berita utama dalam rubrik Pamomong yang diambil secara acak sejumlah 12 berita. Sumber data adalah rubrik Pamomong pada surat kabar Suara Merdeka yang dimuat setiap hari Minggu edisi tahun 2012, khususnya yang berbahasa Jawa. Data diperoleh dengan teknik dokumenter, dimana pengumpulan data atau informasi melalui pencarian dan penemuan buktibukti yang berasal dari media cetak. Pengkajian dilakukan dengan menggunakan prinsip analogi dan prinsip penafsiran lokal. Kemudian, hasil analisis data disajikan menggunakan metode informal. Hasil penelitian yang diperoleh adalah rubrik Sang Pamomong menyajikan sindiran dan kritikan terkait ketimpangan yang terjadi di negeri ini, yang sering diakibatkan oleh pemerintah dan atau oknum pemegang kuasa lainnya. Hal tersebut nampak dalam struktur-struktur pembangunnya yakni sktruktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Struktur makro nampak pada elemen temanya; superstruktur nampak pada elemen judul, elemen lead, dan elemen story-nya; serta struktur mikro yang meliputi aspek semantik, sintaksis, stilistik, dan retorika. Pada aspek semantik nampak pada elemen latar, elemen detail dan maksud, elemen praanggapan, dan elemen ilustrasi. Aspek sintaksis nampak pada elemen bentuk kalimat, elemen koherensi, elemen pengingkaran, dan elemen kata ganti. Aspek stilistik nampak pada elemen leksikal. Aspek retorika nampak pada elemen metafora dan elemen grafis.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: analisis teks, model van Dijk, Sang Pamomong
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
    Depositing User: yuniati perpus unnes
    Date Deposited: 07 Jan 2016 07:45
    Last Modified: 07 Jan 2016 07:45

    Actions (login required)

    View Item