PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MENGGUNAKAN BANTUAN VCD KARYA WISATA PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 01 WARUREJA TEGAL
Ruri Setiani , 2101406660 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MENGGUNAKAN BANTUAN VCD KARYA WISATA PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 01 WARUREJA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MENGGUNAKAN BANTUAN VCD KARYA WISATA PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 01 WARUREJA TEGAL )
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang memiliki peranan penting di dalam kehidupan manusia. Menulis laporan perjalanan merupakan salah satu pembelajaran bahasa Indonesia. Seringkali menulis laporan perjalanan menjadi kegiatan yang kurang menarik bagi siswa, terutama yang terjadi pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 01 Warureja. Hal tersebut menarik minat peneliti untuk mengetahui lebih jauh penyebab rendahnya minat menulis laporan perjalanan, kemudian mencoba menggunakan bantuan VCD Karya wisata pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 01 Warureja Tegal dalam pembelajaran menulis laporan perjalanan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis laporan perjalan SMP Negeri 01 Warureja Tegal, setelah mengikuti pembelajaran menulis laporan perjalanan menggunakan bantuan VCD karya wisata, (2) mendeskripsikan peningkatan menulis laporan perjalanan menggunakan bantuan VCD karya wisata pada siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Warureja Tegal, (3) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 01 Warureja Tegal, menggunakan bantuan VCD karya wisata. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VIII C SMP Negeri 01 Warureja Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian berupa (1) data primer yang mencakup hasil tes, pengamatan selama pembelajaran, serta foto sebagai dokumentasi, dan (2) data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya, dalam hal ini buku-buku, hasil penelitian, dokumen, dan sumber lain yang relevan. Hasil pengolahan data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas pada prasiklus adalah 58,22. Pada siklus I sebesar 63,85 dan pada siklus II menjadi 75,37. Dari hasil tersebut diketahui bahwa terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 5,63atau 9,67%, siklus I ke siklus II sebesar11,52 atau 18,04%, sedangkan peningkatan dari prasiklus ke siklus II sebesar 17,15 atau 27,71%. Dengan demikian, simpulan penelitian ini adalah menggunakan bantuan VCD karya wisata mampu meningkatkan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa dan dapat mengubah perilaku siswa kelas VIII C SMP Negeri 01 Warureja Tegal ke arah yang positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia hendaknya lebi h kreatif dalam memilih metode pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah menggunakan bantuan VCD karya wisata sebagai alternatif dalam mempermudah proses belajar khususnya pembelajaran. Bagi siswa disarankan untuk selalu berlatih menulis dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Bagi peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda unyuk menambah khasanah ilmu bahasa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | :laporan perjalanan, media VCD karya wisata |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 1777 not found. |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 13:02 |
Last Modified: | 07 Jan 2016 13:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22807 |
Actions (login required)
View Item |