PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS VA SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG


Dewi Prastiwi, 1401411025 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS VA SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS VA SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS VA SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas VA SDN Sampangan 01 Semarang. Dari hasil refleksi selama Praktek Pengalaman Lapangan, terlihat bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran IPS pada siswa kelas VA SDN Sampangan 01 Semarang masih belum optimal. Permasalahanpermasalahan yang sering muncul dan menyebabkan rendahnya kualitas pembelajaran IPS diantaranya adalah keterampilan guru belum optimal, aktivitas siswa masih rendah dan kurang maksimal dalam mengikuti pembelajaran, siswa yang pasif mengakibatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa rendah dan di bawah KKM. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPS yang menunjukkan bahwa 63,64% siswa (21 dari 33) belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan adalah 68. Nilai terendah yakni 30 dan nilai tertinggi adalah 80. Rata-rata kelas hanya 61,24. Penerapan model Think Pair Share berbantuan media powerpoint sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajran IPS. Rumusan masalah dari penelitian adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui penerapan model think paur share berbantuan media powerpoint pada siswa kelas VA SDN Sampangan 01 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN Sampangan 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 33 (baik), siklus II adalah 41 (baik), dan siklus III adalah 48 (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh jumlah skor rata-rata sebesar 29,08 (baik), siklus II adalah 33,06 (baik), dan siklus III adalah 38,87 (sangat baik). Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I adalah 69,70% , pada siklus II adalah 71,88%, dan pada siklus III adalah 87,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Think Pair Share berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi dan sesuai materi antara lain dengan menerapkan model think pair share dengan media powerpoint.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, Think Pair Share, media powerpoint, IPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:15
Last Modified: 12 Jan 2016 11:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22806

Actions (login required)

View Item View Item