PEMBELAJARAN KREATIVITAS SENI TARI SEBAGAI UPAYA PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA 1 BAE KABUPATEN KUDUS


Diana Fransisca , 2502408006 (2015) PEMBELAJARAN KREATIVITAS SENI TARI SEBAGAI UPAYA PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA 1 BAE KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN KREATIVITAS SENI TARI SEBAGAI UPAYA PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA 1 BAE KABUPATEN KUDUS ]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN KREATIVITAS SENI TARI SEBAGAI UPAYA PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA 1 BAE KABUPATEN KUDUS ) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bae Kabupaten Kudus merupakan objek penelitian ini menerapkan kurikulum 2013 proses pembelajaran seni budaya (seni tari) dalam penanaman nilai karakter bagi peserta didik tahun ajaran 2014/2015. Salah satu materi mata pelajaran seni budaya (seni tari) yaitu eksplorasi gerak kreativitas tari. Berdasarkan rumusan masalah yang peneliti sampaikan 1) Bagaimana proses pembelajaran kreativitas seni tari kelas XI IPS SMA N 1 Bae, dan 2) Bagaimana Upaya penananam nilai karakter melalui pembelajaran kreativitas seni tari. Penanamkan nilai karakter pada siswa Sekolah Menengah Atas melalui kreativitas seni tari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran kreativitas seni tari, dan (2) mengetahui dan mendeskripsikan upaya penanaman nilai karakter pada siswa di SMA N 1 Bae. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk memberikan pemikiran mengenai penanaman nilai karakter pada siswa Sekolah Menengah Atas melalui pembelajaran kreativitas seni tari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik observasi nonpartisipan, dokumentasi dan wawancara mendalam yang digunakan dalam proses pengumpulan data. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode data. Tahap analisis data berupa deskriptif kualitatif dengan tahap reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan proses pembelajaran seni budaya (seni tari) kurikulum 2013 dengan materi eksplorasi gerak mengintegerasi dalam proses kegiatan pembelajaran dan penanaman nilai karakter peserta didik kelas XI IPS 3 tahun ajaran 2014/2015. Materi eksplorasi gerak kreativitas tari melatih siswa berproses memodifikasi tari dan memberikan wawasan kesenian. Eksplorasi gerak tari menerapkan perilaku positif peserta didik. Proses pembelajaran seni budaya (seni tari) dalam penanaman nilai karakter memberikan nilai toleransi, kepekaan, saling menghargai, tanggung jawab, kreatif, kerjasama dan disiplin. Berdasarkan penanaman nilai karakter melalui proses kegiatan pembelajaran kreativitas seni tari menunjukan pembiasaan respon dan sikap positif, maka peneliti menyarankan ditingkatkan pembelajaran kreativitas seni tari dan menginternalisasi nilai-nilai karakter ke dalam tingkah laku sehari-hari melalui proses pembelajaran seni budaya.Dan mampu mempertunjukan karya tari kepada masyarakat, sesuai pengetahuan dan keterampilan yang didapati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Seni Tari, Kreativitas dan Penanaman Nilai Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:41
Last Modified: 07 Jan 2016 12:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22805

Actions (login required)

View Item View Item