PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VA SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG

ARI JUWANITA, 1401411024 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VA SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VA SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    IPS bertujuan membina peserta didik menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya sendiri, masyarakat dan negara . Berdasarkan refleksi diri dari guru kualitas pembelajaran IPS di SDN Gisikdrono 03 Kota Semarang belum optimal. Beberapa permasalahan dalam pembelajaran IPS kelas VA, guru belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran., guru kurang memanfaatkan media pembelajaran, guru kurang dapat mengelola kelas dengan baik. Sehingga pembelajaran IPS menjadi tidak menarik bagi siswa. Siswa menjadi kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajara, siswa kurang memperhatikan penjelasan dari guru, Siswa gaduh dan menyebabkan kondisi kelas menjadi kurang kondusif. Hal ini berdampak pada hasil belajar IPS. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS KD 2.2 Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia melalui model Course Review Horay berbantuan media video pembelajaran pada siswa kelas VA SDN Gisikdrono 03 Kota Semarang ? Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN Gisikdrono 03 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis data berupa statistik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 22 kategori baik, siklus II skor 27 kategori sangat baik dan siklus III skor 34 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I skor 24,80 kategori baik, siklus II skor 26,08 kategori baik dan siklus III skor 30,72 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan hasil belajar ranah kognitif klasikal pada siklus I 55,56 % , siklus II menjadi 66,67 %, dan meningkat pada siklus III menjadi 86,11 %. Hasil belajar ranah afektif siklus 1 rata-rata skor 9,57 dengan kriteria cukup, siklus II skor 11,52 dengan kriteria baik, rata-rata skor pada siklus III menjadi 12,55 dengan kriteria baik. Hasil belajar ranah psikomotor siklus 1 rata-rata skor 7,89 dengan kriteria baik, siklus II skor meningkat menjadi 9,29 dengan kriteria baik,siklus III rata-rata skor 10,70 kriteria sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Course Review Horay berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran yang diberikan hendaknya diterapkan model Course Review Horay dengan media video pembelajaran karena dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.Kata

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, IPS, Kualitas, Pembelajaran, video pembelajaran
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: radi perpustakaan unnes
    Date Deposited: 12 Jan 2016 06:16
    Last Modified: 12 Jan 2016 06:16

    Actions (login required)

    View Item