KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGPUCANG KABUPATEN PURWOREJO


Andi Setiarto, 1401411022 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGPUCANG KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGPUCANG KABUPATEN PURWOREJO]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGPUCANG KABUPATEN PURWOREJO) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran IPA adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pelajaran IPA. Model pembelajaran GI dapat dijadikan alternatif yang akan mendorong siswa aktif dengan belajar secara berkelompok dan meningkatkan aktivitas siswa karena siswa memilih sendiri materi yang ingin mereka pelajari. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model GI terhadap aktivitas siswa dan hasil belajar IPA antara kelas yang mendapatkan perlakuan penerapan model GI dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional pada materi perubahan lingkungan fisik di kelas IV. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kedungpucang Kabupaten Purworejo, tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 40 orang siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV A dan IV B. Sementara itu sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling yang menghasilkan kelas IV A sebagai kelas eksperimen, IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, observasi, wawancara tidak terstruktur dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian yang digunakan adalah independent samples t test dan one sample t test. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji hipotesis aktivitas belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa,

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Group Investigation (GI), aktivitas, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:09
Last Modified: 12 Jan 2016 11:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22802

Actions (login required)

View Item View Item