PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI ENAM-M DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS VIII MTS 01 MOJO


Fikha Dwi Chahyanti , 2101406512 (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI ENAM-M DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS VIII MTS 01 MOJO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI ENAM-M DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS VIII MTS 01 MOJO ]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI ENAM-M DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS VIII MTS 01 MOJO ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observas awal yang dilakukan penulis, kemampuan menulis puisisiswakelas VIII MTS 01 Mojo masih rendah.Nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam menulis puisi kebanyakan masih dibawah nilai 60. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi disebabkan karena siswa kurang minat dalam pembelajaran menulis puisi dan dari guru itu sendiri kurang kreatif dalam memilih strategi pembelajaran dan media yang digunakan. Keadaan yang demikian membuat peneliti tertarik untuk mendapatkan jalan keluar dari permasalahan tersebut. Upaya yang dilakukan peneliti yaitu untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII MTS 01 Mojo dengan menggunakan strategi enam-M dan media lagu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses pembelajaran setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi enam-M dengan media lagu pada siswa kelas VIII MTS 01 Mojo, (2)Bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII MTS 01 Mojo setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui strategi enam-M menggunakan lagu, (3) Bagaimanakah perubahan perilaku belajar siswa kelas VIII MTS 01 Mojo setelah mengikuti pembelajaran melalui strategi enam-M dengan media lagu. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan strategi enam-M dengan media lagu pada siswa kelas VIII MTS 01 Mojo, mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi menggunakan strategi enam-M dengan media lagu pada siswa kelas VIII MTS 01 Mojo, dan mendeskripsikan perubahan perilaku pada siswa kelas VIII MTS 01 Mojo dalam menulis puisi menggunakan strategi enam-M dengan media lagu. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTS 01 Mojo yang berjumlah 37 siswa. Variabel yang diungkap dalam penelitian adalah kemampuan menulis puisi iii iii melalui strategi enam-M dengan media lagu. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes dan instrument nontes dalam bentuk observasi wawancara dan dokumen foto. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi dan mencapai target nilai rata-rata minimal yang ditentukan yaitu sebesar 70. Berdasarkan hasil tes, nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 60,11 dan termasuk dalam kategori kurang. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 74,19 dan termasuk dalam kategori baik. Jadi, terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 12,57 atau sebesar 20,82% dari siklus I ke siklus II. Selain itu, berdasarkan hasil tanggapan dan perubahan perilaku siswa menunjukkan adanya tanggapan yang baik terhadap pembelajaran. Siswa merasa tidak kesulitan dan termotivasi dalam pembelajaran menulis puisi dan perubahan perilaku siswa ke arah lebih baik. Siswa menjadi lebih bersemangat, antusias dan senang dalam pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan guru mata pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan pembelajaran strategi enam-M dengan media lagu khususnya dalam kegiatan menulis puisi. Bagi guru bidang studi yang lain, pembelajaran menggunakan strategi enam-M dan media lagu dapat dijadikan alternative dalam mengajarkan bidang garapannya. Bagi peneliti dibidang pendidikan dan bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan strategi dan media yang berbeda sehingga dapat menjadi alternative tambahan untuk membelajarkan kemampuan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : keterampilan menulis, menulis puisi, strategi enam-M, media lagu
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 1777 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 13:01
Last Modified: 07 Jan 2016 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22801

Actions (login required)

View Item View Item