PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN TABUNG ANGKA DI KELOMPOK BERMAIN MIFTAHUL JANNAH, NGALIYAN, SEMARANG


SULISTIYAWATI , 1601911011 (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN TABUNG ANGKA DI KELOMPOK BERMAIN MIFTAHUL JANNAH, NGALIYAN, SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN   KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN TABUNG ANGKA  DI KELOMPOK BERMAIN MIFTAHUL JANNAH, NGALIYAN, SEMARANG   ]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN TABUNG ANGKA DI KELOMPOK BERMAIN MIFTAHUL JANNAH, NGALIYAN, SEMARANG ) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan untuk anak usia dini merupakan pendidikan yang ditunjukkan untuk anak usia 0-8 tahun, salah satu strategi yang dapat digunakan pendidik untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini adalah melalui permainan. Guru hendaknya memilih kegiatan yang tepat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak salah satunya dengan meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak.Kemampuan berhitung permulaan yang rendah menjadi masalah yang dihadapi guru di Kelompok Bermain Miftahul Jannah. Berdasarkan kondisi tersebut rumusan masalah yang dipaparkan dalam penulisan ini yaitu: bagaimana meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui permainan tabung angka di Kelompok Bermain Miftahul Jannah Ngaliyan, Semarang dan seberapa besar pengaruh permainan tabung angka terhadap peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak di Kelompok Bermain Miftahul Jannah, Ngaliyan, Semarang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data adalah siswa Kelompok Bermain B Miftahul Jannah, Ngaliyan, Semarang melalui kegiatan pembelajaran yang lebih menarik seperti mengenal angka dan berhitung melalui permainan tabung angka dengan benda yang disesuaikan dengan tema sebagai sumber belajar terbukti mampu meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak, yaitu terlihat dari lembar data hasil pengamatan pada saat kegitan pembelajaran dengan permainan tabung angka berlangsung. Pada siklus I diperoleh hasil 66% peningkatan kemampuan berhitung permulaan dan pada siklus II diperoleh hasil 86% peningkatan kemampuan berhitung permulaan, dengan hasil tersebut menujukkan bahwa penelitian ini berhasil karena melebihi target indikator penelitian sebesar 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan kegiatan permainan tabung angka sebagai sumber belajar dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan pembelajaran berhitung permulaan yang menarik dan menyenangkan anak. Guru juga hendaknya mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan bagi anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung Permulaan Anak, Permainan dan Tabung Angka.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 1777 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 13:01
Last Modified: 07 Jan 2016 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22800

Actions (login required)

View Item View Item