PERANAN SANGGAR PURING SARI DALAM MELESTARIKAN TARI KRETEK DI DESA BARONGAN KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS

Ikha Sulis Setyaningrum , 2501411089 (2015) PERANAN SANGGAR PURING SARI DALAM MELESTARIKAN TARI KRETEK DI DESA BARONGAN KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERANAN SANGGAR PURING SARI DALAM MELESTARIKAN TARI KRETEK DI DESA BARONGAN KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS ) - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Tari tradisi suatu bangsa merupakan bentuk seni pertunjukan perlu untuk dilestarikan. Salah satu cara melestarikan yaitu melalui Peranan Sanggar di masyarakat. Sanggar Puring Sari merupakan sanggar yang terdapat di Kabupaten Kudus. Sanggar Puring Sari sebagai wadah penciptaan Tari Kretek dan memiliki peran untuk melestarikan Tari Kretek tersebut. Berdasarkan paparan tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk Sajian Tari Kretek di Sanggar Puring Sari (2) Bagaimana peran Sanggar Puring Sari dalam melestarikan Tari Kretek. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami (1) bentuk sajian Tari Kretek di Sanggar Puring Sari, (2) peran Sanggar Puring Sari dalam Melestarikan Tari Kretek. Manfaat penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu manfaat teoritis yaitu Bagi peneliti, dapat memberi wawasan tentang Tari Kretek yang diciptakan dan dilestarikan di Sanggar Puring Sari dan manfaat praktis dapat memberikan sumbangan pikiran pada penelitian lebih lanjut dalam melestarikan tari “Kretek”. Lokasi dan sasaran penelitian yang dipilih peneliti adalah Sanggar Puring Sari yang berada di Desa Barongan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus yang merupakan pusat penciptaan, pelatihan dan pelestarian Tari Kretek di Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, sintesisasi dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk sajian Tari Kretek terdiri dari sejarah terbentuknya Tari Kretek , ragam gerak, musik iringan, tatarias wajah dan busana, serta tempat pertunjukkan. Sanggar Puring Sari memiliki peran terhadap perkembangan Tari Kretek dengan cara pelestarian, pementasan dan pelatihan. Pelestarian yang dilakukan Sanggar Puring Sari yaitu dengan cara pementasan disetiap kegiatan dan pelatihan yang dilakukan oleh Sanggar Puring Sari sendiri ataupun bekerjasama dengan pihak luar, contohnya dengan PT.Djarum, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus. Saran dari hasil penelitian ini yaitu Bagi Sanggar Puring Sari, lebih meningkatkan pelatihan-pelatihan tari khususnya Tari Kretek, lebih membenahi dalam bidang managemen, administrasi, untuk pemerintah dan masyarakat ikut mempromosikan Tari Kretek, dapat lebih melestarikan Tari Kretek di Kabupaten Kudus.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: peran, sanggar, pelestarian
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
    Depositing User: yuniati perpus unnes
    Date Deposited: 07 Jan 2016 07:44
    Last Modified: 07 Jan 2016 07:44

    Actions (login required)

    View Item