PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA AKSARA JAWA NGLEGENA PADA SISWA KELAS III SDN 2 PEKAJA KABUPATEN BANYUMAS


Deswi Karunia Nila Sari, 1401411012 (2015) PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA AKSARA JAWA NGLEGENA PADA SISWA KELAS III SDN 2 PEKAJA KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA AKSARA JAWA NGLEGENA PADA SISWA KELAS III SDN 2 PEKAJA KABUPATEN BANYUMAS]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA AKSARA JAWA NGLEGENA PADA SISWA KELAS III SDN 2 PEKAJA KABUPATEN BANYUMAS) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Pekaja Kabupaten Banyumas pada pembelajaran bahasa Jawa materi membaca aksara Jawa nglegena tahun pelajaran 2014/2015 semester 1 masih rendah. Hal ini terjadi karena guru dalam pembelajaran masih menerapkan model konvensional. Penerapan model ini kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan aktivitas belajar yang lebih aktif. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Quantum Learning Berbantuan media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Aksara Jawa Nglegena pada Siswa Kelas III SDN 2 Pekaja Kabupaten Banyumas”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas dan hasil belajar siswa. Penggunaan model Quantum Learning berbantuan media Puzzle membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN 2 Pekaja Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik tes dan non tes. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran dengan menerapkan model Quantum Learning berbantuan media Puzzle, yaitu nilai performansi guru minimal 71. Keaktifan belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 70%. Rata-rata hasil belajar siswa minimal 65 dan persentase ketuntasan belajar klasikal minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, nilai performansi guru sebesar 76,33 termasuk kategori B (baik). Persentase aktivitas belajar siswa sebesar 69,89%, termasuk kategori aktif. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 61 dan ketuntasan belajar siswa klasikal 63,33%. Pada siklus II, nilai performansi guru sebesar 87,59 termasuk kategori A (baik sekali). Persentase aktivitas belajar siswa sebesar 88,44%, termasuk kategori sangat aktif. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71,83 dan ketuntasan belajar siswa klasikal 83,33%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Penelitian dilakukan pada siswa kelas III SDN 2 Pekaja Kabupaten Banyumas dalam pembelajaran bahasa Jawa materi membaca aksara Jawa nglegena. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Learning berbantuan media Puzzle dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, aksara Jawa nglegena, model Quantum Learning dan media Puzzle.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:11
Last Modified: 12 Jan 2016 11:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22794

Actions (login required)

View Item View Item