MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MENYANYIKAN LAGU DAERAH NUSANTARA DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 3 SEMARANG


Mila Aulia Rakhmawati , 2501411049 (2015) MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MENYANYIKAN LAGU DAERAH NUSANTARA DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MENYANYIKAN LAGU DAERAH NUSANTARA DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 3 SEMARANG ]
Preview
PDF (MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MENYANYIKAN LAGU DAERAH NUSANTARA DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 3 SEMARANG ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Menyanyikan lagu daerah nusantara kurang diminati oleh siswa, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Oleh karena itu, guru harus menggunakan strategi yang tepat dalam menyampaikan materi. Permasalahan dalam penelitian ini, apakah dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 3 Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan minat dan hasil belajar dengan media audio visual apakah dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam menyanyikan lagu daerah nusantara di kelas VIII B SMP Negeri 3 Semarang Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 3 Semarang . Siklus I dan siklus II terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun variabel penelitiannya adalah minat dan hasil belajar menyanyikan lagu daerah nusantara. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan non tes. Alat pengambilan data tes yang digunakan yaitu berupa pedoman unjuk kerja, sedangkan alat pengambilan data non tes yaitu berupa pedoman angket minat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menyanyikan lagu daerah nusantara dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 3 Semarang telah terbukti. Hal itu bisa dilihat dari terjadinya peningkatan persentase minat tinggi pada kegiatan pra siklus 9,671%, meningkat menjadi pada siklus I 32,258%, dan pada siklus II menjadi 83,87%. Dari hasil tersebut ˃70% siswa mendapatkan skor minimal (4051). Sedangkan, nilai hasil belajar dari 31 siswa pada pra siklus, siswa yang mencapai nilai lebih dari 70 hanya 41,935%, pada siklus I siswa mengalami kenaikan sebesar 74,193%, dan pada siklus II siswa mengalami peningkatan sebesar 90,322%. Saran peneliti, hendaknya guru menggunakan media audio visual dan mampu mengembangkan media tersebut secara konsisten dalam pembelajaran lagu daerah nusantara sehingga hasil belajar siswa akan terus meningkat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Seni Budaya Dengan Media Audio Visual
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:40
Last Modified: 07 Jan 2016 12:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22793

Actions (login required)

View Item View Item