KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BANGUN DATAR

Samiasih Apriliyani, 1401411002 (2014) KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BANGUN DATAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BANGUN DATAR) - Published Version
Download (97Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model Quantum Teaching terhadap aktivitas dan hasil belajar bangun datar siswa kelas III SDN 7 Mintaragen Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN 1 dan 7 Mintaragen Kota Tegal tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 77 siswa yang terdiri dari 41 di kelas eksperimen dan 36 di kelas kontrol. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Metode analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri atas uji normalitas dan homogenitas serta analisis akhir berupa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesis aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (0,357 > -1,697) dan pengujian hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (0,000 > -1,697) sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa yang menerapkan model Quantum Teaching lebih tinggi daripada yang menerapkan model konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching terbukti efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, dan model quantum teaching.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: radi perpustakaan unnes
    Date Deposited: 12 Jan 2016 06:10
    Last Modified: 12 Jan 2016 06:10

    Actions (login required)

    View Item