PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL NHT DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN SALAMAN MLOYO SEMARANG


FITRI NUR ROHMAH, 1401411001 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL NHT DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN SALAMAN MLOYO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL NHT DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN SALAMAN MLOYO SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL NHT DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN SALAMAN MLOYO SEMARANG) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas IV SDN Salaman Mloyo semarang diperoleh data hasil belajar siswa dari 22 siswa, hanya 5 siswa (23%) yang mendapatkan nilai di atas Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 60 dan sisanya 17 siswa (77%) nilainya di bawah KKM. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran IPS yaitu melalui penerapan model NHT dengan media gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS melalui model NHT dengan media gambar pada siswa kelas IV SDN Salaman Mloyo Semarang?” Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model NHT dengan media gambar yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Salaman Mloyo Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 21 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 31 dengan kriteria baik, dan siklus III mendapatkan skor 41 dengan kriteria sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 21,04 dengan kriteria cukup, siklus II mendapatkan skor 29,82 dengan kriteria baik, dan siklus III mendapatkan skor 36,82 dengan kriteria sanagt baik. (3) Hasil belajar siklus I mendapatkan nilai rata-rata 61,27 dengan kriteria ketuntasan klasikal 50%, siklus II dengan rata-rata 71,82 dengan kriteria ketuntasan klasikal 73%, dan siklus III mendapatkan rata-rata dengan kriteria ketuntasan klasikal 86%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model NHT dengan media gambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model NHT dengan media gambar dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas, Gambar, IPS, NHT, Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:16
Last Modified: 12 Jan 2016 11:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22791

Actions (login required)

View Item View Item