PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TAKE AND GIVE DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PLALANGAN 04 KOTA SEMARANG

TSALIST LAILATURRAHMAH, 1401410418 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TAKE AND GIVE DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PLALANGAN 04 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TAKE AND GIVE DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PLALANGAN 04 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Mata pelajaran IPS memiliki tujuan agar peserta didik mampu mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan dasar yang berguna bagi dirinya dalam kehidupan seharihari. Hasil refleksi yang dilakukan oleh peneliti bersama guru kolabolator SD Negeri Plalangan 04 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS di kelas V. Guru kurang variatif dalam menggunakan model pembelajaran. Guru hanya sebatas menyampaikan materi pembelajaran yang ada di buku. Penggunaan media pembelajaran yang disediakan sekolah belum optimal. Sebagian besar siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran. Hanya beberapa siswa yang mendominasi saat diskusi kelompok, hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 32%. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menerapkan model pembelajaran take and give dengan media powerpoint. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi rumusan masalah umum: Apakah penerapan model take and give dengan media powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri Plalangan 04 Semarang?. Sedangkan rumusan masalah khusus yaitu: Apakah penerapan model take and give dengan media powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Plalangan 04 Semarang?. Tujuan dalam penelitian ini meliputi tujuan umum: Meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model take and give dengan media powerpoint pada siswa kelas V SD Negeri Plalangan 04 Semarang. Tujuan khusus: Untuk meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model take and give dengan media powerpoint pada siswa kelas V SD Negeri Plalangan 04 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran take and give dengan media powerpoint yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi guru dan siswa kelas V SD Negeri Plalangan 04 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 17 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 27 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 33 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rerata skor total 13,5 kategori cukup, pada siklus II memperoleh rerata skor total 21,9 kategori baik dan pada siklus III memperoleh rerata skor total 37,3 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 64% , meningkat pada siklus II menjadi 75%, dan meningkat pada siklus III menjadi 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran take and give dengan media powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.. Disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran take and give dengan media powerpoint agar siswa dapat belajar aktif dan mandiri.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPS, model pembelajaran take and give, media powerpoint.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: radi perpustakaan unnes
    Date Deposited: 12 Jan 2016 06:15
    Last Modified: 12 Jan 2016 06:15

    Actions (login required)

    View Item