METODE QIROATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI DABIN III KECAMATAN SEMARANG BARAT (STUDI DESKRIPTIF DI TK AL-AZHAR 22 DAN TK ABA 23 SEMARANG)
NUR KHIKMAH , 1601911001 (2013) METODE QIROATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI DABIN III KECAMATAN SEMARANG BARAT (STUDI DESKRIPTIF DI TK AL-AZHAR 22 DAN TK ABA 23 SEMARANG). Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (METODE QIROATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI DABIN III KECAMATAN SEMARANG BARAT (STUDI DESKRIPTIF DI TK AL-AZHAR 22 DAN TK ABA 23 SEMARANG) )
- Published Version
Download (18MB) | Preview |
Abstract
Sekarang ini banyak lembaga pendidikan baik formal/non formal berusaha mengadakan pelayanan membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kenyataan di Dabin III Kecamatan Semarang Barat, bahwa di TK AlAzhar 22 dan TK ABA 23 menerapkan Metode Qiroati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Metode Qiroati dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an, pengelolaan kelas dan faktor pendorong dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian studi deskriptif. Informan penelitian ini adalah guru dan juga Koordinator Qiroati di TK Al-Azhar 22 dan TK ABA 23. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Qiroati dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di TK Al-Azhar 22 dan TK ABA 23 ada interaksi yang baik antara guru dan anak. TK Al-Azhar 22 dan TK ABA 23 membuat perencanaan dalam bentuk RKH (Rencana Kegiatan Harian). Dalam pelaksanaannya TK AlAzhar 22 menggunakan peraga yang variatif, TK ABA 23 belum seluruhnya. Guru di TK Al-Azhar 22 dan TK ABA 23 melakukan evaluasi pembelajaran membaca Al-Qur‟an. Adapun faktor pendorong di TK Al-Azhar 22 dan TK ABA 23 adalah sama-sama mempunyai guru yang sudah bersyahadah, faktor penghambatnya kesulitan ketika anak harus membaca dengan cepat dan benar. Simpulan penelitian adalah Metode Qiroati dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di TK Al-Azhar 22 dan TK ABA 23 sudah baik. Pengelolaan kelas sudah baik, untuk pelaksanaan di TK ABA 23 penggunaan peraga hanya di Kelompok A saja. Faktor pendorong di TK Al-Azhar 22 dan TK ABA 23 yaitu memiliki guru yang sudah bersyahadah, faktor penghambatnya yaitu anak kesulitan untuk membaca dengan cepat dan benar. Adapun saran untuk TK Al-Azhar 22 yaitu menggunakan media lain seperti LCD agar lebih menarik, untuk TK ABA 23 sebaiknya menggunakan media yang dapat dibuat sendiri dari kardus bekas. Guru di TK Al-Azhar 22 dan TK ABA 23 sebaiknya tidak bosan memberikan motivasi dan contoh cara membaca yang cepat dan benar kepada anak didik. viii
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Qiroati, Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | Users 1777 not found. |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 13:00 |
Last Modified: | 07 Jan 2016 13:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22786 |
Actions (login required)
View Item |