METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUKMENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUSIK ANSAMBEL PADA SISWA KELAS VII H DI SMP NEGERI 27 SEMARANG

Antep Anom Sadewa , 2501411015 (2015) METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUKMENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUSIK ANSAMBEL PADA SISWA KELAS VII H DI SMP NEGERI 27 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUKMENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUSIK ANSAMBEL PADA SISWA KELAS VII H DI SMP NEGERI 27 SEMARANG ) - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Cara meningkatkan kreativitas dan hasil belajar ansambel musik pada siswa salah satunya dengan menggunkan metode demonstrasi. SMP Negeri 27 Semarang merupakansalah satu sekolah yang menerapkan materi pembelajaran ansambel musik. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah dengan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar musik ansambel di kelas VII H SMP Negeri 27 Semarang (2) Apakah dengan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan kreativitas bermain musik ansambel di kelas VII H SMP Negeri 27 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar musik ansambel di kelas VII H SMP Negeri 27 Semarang dan (2) apakah penerapan metode pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan kreativitas musik ansambel di kelas VII H SMP Negeri 27 Semarang. Lokasi dan sasaran penelitian yang dipilih peneliti adalah SMP Negeri 27 Semarang yang beralamat di jalan Ngesrep Timur Srondol Bumi Indah 4 Sumurbroto Banyumanik Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data yang digunakan adalah berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data memilih data (reduksi data), mendeskripsikan data hasil temuan (memaparkan data) dan penarikan kesimpulan hasil deskripsi. Hasil penelitian inidi dalamnya terdapat peningkatan kreativitas dan hasil belajar ansambel musik. Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas VII H. Peningkatan kreativitas yaitu sebagai berikut: (1) Peningkatan kreativitas antara prasiklus ke siklus I yaitu sebesar 2.5%, (2) Peningkatan kreativitas antara siklus I ke siklus II sebesar 43.75%. Peningkatan hasil belajar yaitu sebagai berikut: (1) Peningkatan hasil belajar antara prasiklus ke siklus I yaitu sebesar 26.87%, (2) Peningkatan hasil belajar antara siklus I ke siklus II yaitu sebesar 12.5%. Saran dari hasil penelitian ini yaitu bagi guru agar lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode yang tepat serta mempunyai banyak referensi tentang lagu daerah, referensi tentang pengkombinasian alat musik agar kreativitas siswa meningkat.Bagi siswa lebih giat lagi dalam mengikuti pembelajaran dan giat berlatih alat musik guna meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kreativitas, hasil belajar, ansambel musik, metode demonstrasi
    Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
    Depositing User: yuniati perpus unnes
    Date Deposited: 07 Jan 2016 07:40
    Last Modified: 07 Jan 2016 07:40

    Actions (login required)

    View Item