Keterampilan Membaca Intensif Teks Bacaan dengan Metode GPIE dan Teknik Diskusi Kelompok


Nilawati, 2101405676 (2009) Keterampilan Membaca Intensif Teks Bacaan dengan Metode GPIE dan Teknik Diskusi Kelompok. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keterampilan Membaca Intensif Teks Bacaan dengan Metode GPIE dan Teknik Diskusi Kelompok]
Preview
PDF (Keterampilan Membaca Intensif Teks Bacaan dengan Metode GPIE dan Teknik Diskusi Kelompok) - Published Version
Download (13MB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca intensif teks bacaan mengarahkan siswa agar mampu membaca intensif dengan teliti dan mampu menemukan gagasan utama pada tiap paragraf. Keterampilan membaca intensif teks bacaan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ungaran belum memuaskan. Pencapaian prestasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ungaran belum memenuhi target yang ditetapkan, yaitu sebesar 70,00. Oleh karena itu, perlu digunakan metode dan teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa, salah satunya dengan mengunakan metode GPIE dan teknik diskusi kelompok. Penelitian ini mengkaji masalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca intensif teks bacaan setelah mengikuti pembelajaran melalui metode GPIE dan teknik diskusi kelompok pada siswa kelas VII.6 SMP 2 Ungaran dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku belajar siswa kelas VII.6 SMP Negeri 2 Ungaran setelah megikuti pembelajaran membaca intensif teks bacaan dengan metode GPIE dan teknik diskusi kelompok pada siswa kelas VII.6 SMP Negeri 2 Ungaran. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan membaca intensif teks bacaan setelah mengikuti pembelajaran dengan metode GPIE dan teknik diskusi kelompok pada siswa kelas VII.6 SMP Negeri 2 Ungaran dan mendeskripsi perubahan perilaku belajar siswa kelas VII.6 SMP Negeri 2 Ungaran setelah megikuti pembelajaran keterampilan membaca intensif teks bacaan dengan metode GPIE dan teknik diskusi kelompok. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca intensif teks bacaan siswa kelas VII.6 SMP Negeri 2 Ungaran yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa putra dan 18 siswa putri. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan membaca intensif teks bacaan dengan metode GPIE dan teknik diskusi kelompok. Teknik nontes berupa data perilaku belajar siswa dari hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai keterampilan membaca intensif teks bacaan dengan metode GPIE dan teknik diskusi kelompok, yaitu pada siklus I nilai rata-rata klasikalnya sebesar 50,9 dan pada siklus II niali ratarata klasikalnya sebesar 78,1, atau meningkat sebesar 27,2. Artinya keterampilan membaca intensif teks bacaan dengan metode GPIE dan teknik diskusi kelompok semakin baik. Hasil analisis data nontes menujukkan adanya peningkatan perilaku belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ungaran, yaitu dengan memberi respon positif terhadap metode GPIE dan teknik diskusi kelompok dalam kegiatan membaca intensif teks bacaan. Hal ini terbukti siswa lebih tertarik menggunakan metode GPIE dan teknik diskusi kelompok karena sangat membantu siswa sehingga mereka merasa senang dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan analisis data tes dan nontes dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca intensif teks bacaan dengan metode GPIE dan teknik diskusi kelompok siswa kelas VII.6 SMP Negeri 2 Ungaran mengalami peningkatan. Peneliti menyarankan pada guru bahasa Indonesia diharapkan metode GPIE dan teknik diskusi kelompok dapat dijadikan alternatif pada pembelajaran membaca intensif teks bacaan karena dapat meningkatkan keterampilan siswa dan dapat memotivasi belajar siswa, jika guru bahasa Indonesia akan menerapkan metode GPIE dan teknik diskusi kelompok dalam pembelajaran hendaknya guru dapat menumbuhkembangkan minat dan rasa percaya diri siswa dengan melaksanakan pembelajaran yang unik, menarik, dan relevan dengan kehidupan sehari hari yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan, dan pada peneliti bidang bahasa dan sastra Indonesia diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk melakukan penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca intensif teks bacaan, metode GPIE, teknik diskusi kelompok
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2011 03:11
Last Modified: 25 Apr 2015 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2278

Actions (login required)

View Item View Item