IMPLEMENTASI METODE TIME TOKEN DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DI TK TARBIYATUL BANIN II SALATIGA

Silma Amalina , 1601410032 (2014) IMPLEMENTASI METODE TIME TOKEN DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DI TK TARBIYATUL BANIN II SALATIGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[img]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI METODE TIME TOKEN DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DI TK TARBIYATUL BANIN II SALATIGA ) - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Metode Time token merupakan metode yang bertujuan agar masing-masing anggota mendapatkan kesempatan untuk memberikan konstribusi dalam menyampaikan pendapat mereka dan mendengarkan pandangan serta pemikiran anggota lain.Variabel dalam penelitian ini adalah varibel independent yaitu metode Time Token dan variabel dependent yang berupa kemampuan interaksi sosial anak. Populasi penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Kec. Sidorejo Salatiga. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 74 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive, kelas B2 dan B4 sebagai kelompok kontrol dan kelas B1 dan B3 sebagai kelompok eksperimen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan interaksi sosial anak setelah mendapatkan metode Time Token di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala kemampuan interaksi sosial anak dengan model skala Likert. Instrumen dikonsultasikan dengan para ahlinya (expert judgement) dan diujicobakan pada siswa di luar sampel. Uji reliabilitas menggunakan spss 16.0. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan perhitungan tersebut kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji beda menggunakan uji-t yaitu independent sampel t-test. Hasil uji-t skor tes menunjukkan bahwa nilai thitung 13,258 dan nilai p = 0,000. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan interaksi sosial anak yang signifikan berdasarkan penerapan metode time token. Hasil skala kemampuan interaksi sosial anak di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: : Metode time token, Kemampuan Interaksi sosial Anak
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: khomirah upt unnes
    Date Deposited: 07 Jan 2016 08:00
    Last Modified: 07 Jan 2016 08:00

    Actions (login required)

    View Item