KEEFEKTIFANSTRATEGI PEMBELAJARAN TEAMQUIZ PADA MATERI BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 1 DAN 2 KOTA TEGAL
Aulia Tu’lina Annastasya, 1401411015 (2015) KEEFEKTIFANSTRATEGI PEMBELAJARAN TEAMQUIZ PADA MATERI BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 1 DAN 2 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFANSTRATEGI PEMBELAJARAN TEAMQUIZ PADA MATERI BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 1 DAN 2 KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (27MB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor yang menunjang keberhasilan proses belajar mengajar yaitu pemilihan strategi pembelajaran. Pemilihan strategi pembelajaran bertujuan untuk membantu siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Pada kenyataan di lapangan guru hanya menerapkan strategi ekspositori pada setiap pembelajaran termasuk pada mata pelajaran PKn. Strategi ekspositori menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Strategi Team Quiz dapat dijadikan strategi alternatif untuk memotivasi siswa bersaing dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini yaitumenguji keefektifan strategi Team Quiz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa antara kelas yang mendapatkanperlakuan penerapan strategiTeam Quiz dengan kelas yang menerapkanStrategi ekspositoripada materi bangga sebagai bangsa Indonesia. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah 01 dan 02 Kota Tegal tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 59 orang siswa. Sementara itu sampel penelitian diambil dari kelas III SD Muhammadiyah 2 sebagai sampel eksperimen dan kelas III SD Muhammadiyah 1 sebagai sampel kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, angket, dan tes.Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas, dan analisis akhir. Hasil uji keefektifan strategi Team Quiz terhadap motivasi belajar siswa dengan menggunakan rumus independent t test menunjukan angka 4,475 > 2,002 jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa motivasi belajar kelas yang diberi perlakuan dengan strategi Team Quiz lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan strategi ekspositori. Hasil uji keefektifan strategi Team Quiz terhadap hasil belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent sample t test melalui program SPSS versi 20 menunjukkan bahwa, thitung sebesar 2,575 dan ttabel sebesar 2,002.Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis hasil perbandingan 2,575 > 2,002 (thitung> ttabel), maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi bangga sebagai bangsa Indonesia dengan penerapan strategi Team Quiz
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Keefektifan; Strategi Team Quiz. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 33364 not found. |
Date Deposited: | 12 Jan 2016 11:10 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 12:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22770 |
Actions (login required)
View Item |