TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI STATUS KERJA IBU DI KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG

Frisca Maulina , 1601410009 (2014) TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI STATUS KERJA IBU DI KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[img]
Preview
PDF (TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI STATUS KERJA IBU DI KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG ) - Published Version
Download (4003Kb)

    Abstract

    Semakin berkembangnya pendidikan, menimbulkan kesadaran seorang wanita untuk mengembangkan diri dalam bidang pekerjaan semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan berkurangnya perhatian wanita sebagai ibu terhadap anak yang berpengaruh terhadap tingkat kemandirian anak. Kenyataan pada era sekarang, anak yang diasuh oleh ibu rumah tangga cenderung lebih manja dari pada anak yang diasuh oleh ibu yang bekerja di luar rumah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan tingkat kemandirian anak ditinjau dari status kerja ibu? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kemandirian anak usia dini ditinjau dari status kerja ibu yaitu antara anak yang diasuh oleh ibu rumah tangga dengan ibu yang bekerja paruh waktu di luar rumah sebagai guru, petani, dan pedagang. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan tingkat kemandirian anak usia dini antara anak yang diasuh oleh ibu rumah tangga dan ibu yang bekerja paruh waktu di luar rumah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian anak usia 4-6 tahun yang diasuh oleh ibu rumah tangga dan ibu yang bekerja paruh waktu di luar rumah di Kecamatan Reban. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan skala Kemandirian Anak Usia Dini, sedangkan analisis data menggunakan metode Independent Sample t-Test. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan statistik, didapatkan nilai mean sebesar 82,10 untuk ibu rumah tangga dan 95, 04 untuk ibu yang bekerja paruh waktu di luar rumah. Perhitungan Independent Sample t-Test diperoleh t > t tabel (11,168 > 1,666) dan p value (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat kemandirian anak usia dini ditinjau dari status kerja ibu di Kecamatan Reban. Kata kunci: Kemandirian Anak Usia Dini, Ibu Rumah Tangga, Ibu Bekerja di Luar Rumah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemandirian Anak Usia Dini, Ibu Rumah Tangga, Ibu Bekerja di Luar Rumah.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: khomirah upt unnes
    Date Deposited: 07 Jan 2016 07:59
    Last Modified: 07 Jan 2016 07:59

    Actions (login required)

    View Item