PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI TAMBAKAJI 01 SEMARANG


FAJAR SETIAWAN, 1401410414 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401410414.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (27MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang mengkaji manusia dan interaksinya dengan lingkungan serta memadukan ilmu-ilmu sosial yang dirancang mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang cinta damai. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran IPS di kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang dikarenakan guru kurang menggunakan pendekatan yang inovatif, penggunaan media kurang optimal, aktivitas siswa pasif dalam pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Ditunjukan 14 dari 38 siswa atau 36,84% yang dapat mencapai (KKM=65). Oleh karena itu perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran IPS yaitu melalui penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media audiovisual. Pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang membangkitkan minat siswa untuk belajar mandiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini “apakah pendekatan kontekstual berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS di kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang?”. Tujuan penelitian ini meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual berbantuan media audiovisual dalam pembelajaran IPS di kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri 3 siklus dengan 4 tahapan. Setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 38 siswa kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes berupa observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data terdiri atas data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan keterampilan guru pada siklus 1 memperoleh skor 22 (baik), siklus 2 skor 26 (baik), dan siklus 3 skor 32 (sangat baik). Aktivitas siswa siklus 1 memperoleh skor 16,20 (baik), siklus 2 skor 19,07 (baik), siklus 3 skor 23,40 (sangat baik). Ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus 1 sebesar 57,89%, siklus 2 sebesar 76,32%, dan siklus 3 sebesar 86,84%. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan kontekstual berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang. Sebaiknya, guru harus lebih inovatif dan kreatif untuk menerapkan pendekatan kontekstual dan media audiovisual dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPS, pendekatan kontekstual, media audiovisual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:15
Last Modified: 12 Jan 2016 11:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22766

Actions (login required)

View Item View Item