IMPLEMENTASI KURIKULUM PAUD BERBASIS TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI PAUD TPQ AL-AMIEN BANCAAN SALATIGA

Mufida Malichatunniswah , 1601410003 (2014) IMPLEMENTASI KURIKULUM PAUD BERBASIS TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI PAUD TPQ AL-AMIEN BANCAAN SALATIGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[img]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI KURIKULUM PAUD BERBASIS TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI PAUD TPQ AL-AMIEN BANCAAN SALATIGA ) - Published Version
Download (3704Kb)

    Abstract

    Implementasi kurikulum merupakan penerapan atau pelaksanaan program kurikulum yang telah dikembangkan dalam tahap-tahap pendidikan. Melalui implementasi kurikulum, diketahui bagaimana sekolah menyusun perencanaan hingga evaluasi pembelajaran bagi anak. PAUD berbasis TPQ adalah program yang mengintegrasikan layanan PAUD yang menyatu dengan pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur‟an yang sudah ada dengan tujuan untuk memaksimalkan layanan Taman Pendidikan Al Qur‟an dengan implementasi pemenuhan seluruh kebutuhan perkembangan anak melalui praktik pembelajaran yang berlandaskan pendidikan anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum PAUD berbasis TPQ di PAUD TPQ Al-Amien melalui tahap-tahap implementasi yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan pengelola yayasan PAUD TPQ Al-Amien. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Teknik keabsahan data menggunakantriangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum PAUD berbasis TPQ di PAUD TPQ Al-Amien yakni: perencanaan program kurikulum menggunakan perpaduan antara kurikulum Dinas Pendidikan dan kurikulum RA/BA meliputi program tahunan, program semester, rencana kegiatan mingguan, dan rencana kegiatan harian. Program kegiatan tambahan menggunakan metodeIqra‟ dan AISME. Pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas menggunakan model rolling dan di luar kelas menggunakan metodefield trip. Evaluasi program meliputi 2 tahap: supervisi internal dilakukan oleh pengelola, kepala sekolah, dan pendidik serta supervisi eksternal oleh lembaga Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama Kota Salatiga dan evaluasi hasil kemajuan perkembangan anak menggunakan buku komunikasi dan buku raport akhir tahun.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum, PAUD Berbasis Taman Pendidikan Al-Qur’an.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: khomirah upt unnes
    Date Deposited: 07 Jan 2016 08:00
    Last Modified: 07 Jan 2016 08:00

    Actions (login required)

    View Item