EKSPRESI MUSIKAL PERMAINAN KENDANG JAIPONG PADA GRUP MUSIK SENGGOL TROMOL DI SEMARANG
Wahyudin Kholis , 2501410123 (2015) EKSPRESI MUSIKAL PERMAINAN KENDANG JAIPONG PADA GRUP MUSIK SENGGOL TROMOL DI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (EKSPRESI MUSIKAL PERMAINAN KENDANG JAIPONG PADA GRUP MUSIK SENGGOL TROMOL DI SEMARANG )
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Senggol Tromol termasuk dari salah satu grup musik dangdut parodi di Semarang yang memiliki ekpresi musikal berbeda dengan lainnya. Dari uraian di atas, penelitian ini akan mengkaji tentang Ekspresi Musikal Permainan Kendang Jaipong pada Grup Musik Senggol Tromol di Semarang. Masalah yang muncul dari penelitian ini adalah Bagaimana ekspresi musikal permainan kendang jaipong pada grup musik Senggol Tromol di Semarang. Mengetahui dan mendeskripsikan tentang ekspresi musikal permainan kendang jaipong grup musik Senggol Tromol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memaparkan hasil penelitian secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis penelitian ini terbagi dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Grup musik senggol tromol sangat memperhatikan tempo dan dinamika dalam setiap lagu yang mereka bawakan pada saat melakukan pementasan, dan mengetahui teknik produksi nada sehingga menyebabkan audien tertarik dan merasa penasaran dengan apa yang ada dalam musik yang dibawakan grup musik senggol tromol. Ditunjang juga oleh pengemasan dalam penampilan salah satunya yaitu variasi pola kendangan dan unsur parodi yang menjadi cirikhas dari grup musik senggol tromol. pengendang dari grup musik senggol tromol menggunakan pola-pola irama yang berbeda pada setiap lagunya. Dari kelima ekspresi pola irama kendangan yang digunakan pengendang grup musik senggol tromol, sangat jelas sekali terdapat perbeda’an dari masing-masing irama. Pola irama 1 biasanya digunakan pada setiap song pada lagu senggol tromol. Sedangkam pola irama ke 2 biasanya di gunakan di bridge dan interlude pada lagu senggol tromol. Dan pola irama ke 3 biasanya digunakan pada saat reff pada lagu senggol tromol. Penjiwaan pada lagu pun berbeda, misalnya pada lagu yang bertema gembira, pengendang mengekspresikan kegembiraanya dengan ekspresi konyol, dan pada lagu yang bertema sedih, pengendang mengekspresikan rasa sedih tetapi tidak meninggalkan unsur parodi nya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari perwujudan bentuk ekspresi musikal permainan kendang jaipong pada grup musik senggol tromol di Semarang dari waktu ke waktu pementasan, salah satu perwujudan keunikan grup musik senggol tromol ada pada variasi pola-pola kendang jaipongnya. Dengan menampilkan penjiwaan pada lagu yang dibawakan dan kualitas bermusiknya, mereka terlihat berbeda dalam setiap penampilan musikalnya sehingga mempunyai ciri khas dengan didukung personil yang masih muda dan berkreatifitas tinggi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekspresi Musikal Permainan Kendang Jaipong pada Grup Musik Senggol Tromol |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Users 22790 not found. |
Date Deposited: | 04 Dec 2015 11:57 |
Last Modified: | 04 Dec 2015 11:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22760 |
Actions (login required)
View Item |