PERBEDAAN EFIKASI DIRI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PENDIDIKAN INKLUSI DITINJAU DARI LAMA MENGAJAR DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DI KECAMATAN GRABAG


Ririn Masynu’atul Khairiyah , 1601409050 (2014) PERBEDAAN EFIKASI DIRI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PENDIDIKAN INKLUSI DITINJAU DARI LAMA MENGAJAR DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DI KECAMATAN GRABAG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERBEDAAN EFIKASI DIRI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PENDIDIKAN INKLUSI DITINJAU DARI LAMA MENGAJAR DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DI KECAMATAN GRABAG   ]
Preview
PDF (PERBEDAAN EFIKASI DIRI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PENDIDIKAN INKLUSI DITINJAU DARI LAMA MENGAJAR DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DI KECAMATAN GRABAG ) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan suatu layanan pendidikan yang dicanangkan pemerintah agar anak berkebutuhan khusus dapat masuk dalam pendidikan reguler. Hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan. Karena itu efikasi guru pendidikan anak usia dini untuk melakukan program pendidikan inklusi perlu dikaji secara mendalam. Untuk mengetahui level efikasi diri guru dalam pendidikan inklusi penelitian ini mengkaji dua permasalahan: (1) adakah perbedaan efikasi guru pendidikan anak usia dini dalam pendidikan inklusi ditinjau dari latar belakang pendidikan?; (2) adakah perbedaan efikasi guru pendidikan anak usia dini dalam pendidikan inklusi ditinjau dari lama mengajar? Penellitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian statistik deskriptif ANOVA (one way analysis of variance). Penelitian ini melibatkan 58 orang guru di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Sampel ini dipilih dengan cara teknik simple random sampling dari 133 guru Di Kecamatan Grabag Kabupaten Megelang. Dari studi yang dilakukan mayoritas guru berada di level sedang dan diperoleh temuan sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan yang signifikan efikasi diri guru ditinjau dari latar belakang pendidikan dengan F hitung (10.752) dan signifikan pada p<0.05; (2) efikasi guru ditinjau dari lama mengajar tidak menunjukan adanya perbedaan yang signifikan dengan F hitung (3.254) dan p>0.05. Artinya tingkat pendidikan memberikan kontribusi terhadap tingkat efikasi pendidik, guru memperoleh informasi tentang pendidikan inklusi yang membuat mereka lebih percaya diri (efikasi tinggi). Sementara lama mengajar tidak selalu memperolah informasi tentang pendidikan inklusi. Berdasarkan temuan tersebut peneliti menyarankan agar dalam upaya pengembangan pendidikan inklusi, guru pendidikan anak usia dini untuk lebih meningkatkan akses informasi melalui pendidikan dan berbagai pelatihan yang berkaitan dengan pendidikan inklusi. Di sisi lain pemerintah daerah khususnya, harus lebih meningkatkan kompetensi guru pendidikan anak usia dini dibidang pendidikan inklusi melalui sosialisasi dan pelatihan terhadap guru pendidikan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Efikasi Diri Guru, Pendidikan Inklusi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 1777 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:59
Last Modified: 07 Jan 2016 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22753

Actions (login required)

View Item View Item