UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN BERMAIN GITAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII H DI SMP NEGERI 3 PATEBON KENDAL TAHUN AJARAN 2014/2015

Fadhli Dzil Ikram , 2501410034 (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN BERMAIN GITAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII H DI SMP NEGERI 3 PATEBON KENDAL TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN BERMAIN GITAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII H DI SMP NEGERI 3 PATEBON KENDAL TAHUN AJARAN 2014/2015 ) - Published Version
Download (3040Kb)

    Abstract

    Rendahnya minat dan keterampilan bermain gitar yang diperoleh siswa SMP Negeri 3 Patebon Kendal pada materi bermain gitar dipengaruhi oleh model pembelajarandan metode yang digunakan guru ketika meyampaikan materi.Oleh sebab itu, diperlukan sebuah model pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan keterampilan siswa dalam pembelajaran bermain gitar. Model pembelajaran kooperatif Jigsaw, dipilih untuk memperbaiki minat dan keterampilan siswa SMP Negeri 3 Patebon Kendal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan minat dan keterampilan bermain gitar melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif Jigsawpada peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 3 Patebon Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengambilan data dilaksanakan melaluitahap pra siklus,siklus 1, dan siklus 2. Teknik pengambilan datadengan teknik angket, observasi, wawancara, pengamatan, tes dan nontes. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Selain itu, peneliti juga menggunakan analisis refleksi dan pembahasan evaluatif dalam menyajikan bahasan dari hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan minat belajar bermain gitar siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Patebon Kendal. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar bermain gitar siswa dari 31 orang siswa, diperoleh data prosentase awal minat bermain gitar sebanyak 14 (45,16%) siswa kategori minat rendah, 8 (25,80%) siswa kategori minat sedang, 9 (20,03%) siswa kategori minat tinggi pada kegiatan pra siklus, sebanyak 0 (0%) siswa kategori minat rendah, 20 (64,51%) siswa kategori minat sedang, 11 (35,48%) siswa kategori minat tinggi pada siklus I, dan sebanyak 0 (0%) siswa kategori minat rendah, 10 (32,25%) siswa kategori minat sedang,21 (67,74%) siswa kategori minat tinggi pada siklus II. Setelah semua siklus selesai dilakukan, minat belajar siswa meningkat sebanyak 13 (41,93%) dari kegiatan pra siklus. Selain itu, model pembelajaran Jigsaw juga dapat meningkatkan keterampilan bermain gitar siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Patebon Kendal. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes bermain gitar pada masing-masing aspek yang diteliti. Dari 31 orang siswa, diperoleh data prosentase awal tes bermain gitar sebanyak 60% siswa mendapat nilai kurang, 30% siswa mendapat nilai sedang dan 10% siswa mendapat nilai baik pada kegiatan pra siklus, sebanyak 21% siswa nilai kurang, 60% siswa nilai sedang, dan 18% siswa nilai baik pada siklus I, dan sebanyak 7,5% siswa nilai kurang, 39% siswa nilai sedang, dan 52% siswa nilai baik pada siklus II. Setelah semua siklus selesai dilakukan, nilai tes bermain gitar siswa meningkat sebanyak 49% dari kegiatan prasiklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran tersebut dalam materi-materi praktek lainnya baik untuk mata pelajaran seni musik maupun mata pelajaran yang lainnya. Meskipun begitu, masih banyak model pembelajaran lain yang sekiranya dapat diterapkan dalam pembelajaran seni musik

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw, Minat dan Keterampilan Bermain Gitar, SMP Negeri 3 Patebon Kendal.
    Subjects: M Music and Books on Music > M Music
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
    Depositing User: yuniati perpus unnes
    Date Deposited: 04 Dec 2015 07:00
    Last Modified: 04 Dec 2015 07:00

    Actions (login required)

    View Item