PEMBELAJARAN PIANO KLASIK UNTUK SISWA TINGKAT DASAR DI MAESTRO MUSIC SCHOOL SEMARANG
Dean Arda Winata , 2501410021 (2015) PEMBELAJARAN PIANO KLASIK UNTUK SISWA TINGKAT DASAR DI MAESTRO MUSIC SCHOOL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMBELAJARAN PIANO KLASIK UNTUK SISWA TINGKAT DASAR DI MAESTRO MUSIC SCHOOL SEMARANG )
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian pembelajaran piano klasik untuk siswa tingkat dasar dengan menggunakan metode solfegio yang telah diterapkan di Maestro Music School Semarang, mampu membentuk kualitas musikal siswa yang baik dan menunjukkan prestasi membanggakan. Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran piano klasik untuk siswa tingkat dasar di Maestro Music School Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran piano klasik untuk siswa tingkat dasar di Maestro Music School Semarang. Pendekatan penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Maestro Music School Semarang, yang beralamat di Ruko Plamongan Square No 1 Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumen. Metode pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pembelajaran piano untuk siswa tingkat dasar di Maestro Music School Semarang, menunjukan bahwa proses pembelajaran diterapkan dengan metode solfeggio. Ada 3 aspek solfegio yang dilaksanakan di dalam pembelajaran, yaitu ear training, sight singing, sight reading. Semua berjalan dengan lancar hingga pada proses evaluasi menunjukan hasil yang membanggakan dan terbukti efektif dalam membentuk dan menumbuhkan kualitas musikal siswa. Kesimpulan yang dapat diambil adalah perencanaan pembelajaran yang baik dan penerapan metode solfegio terbukti efektif dalam pelaksanaan pembelajaran piano klasik, terutama pembelajaran ini ditujukan untuk siswa tingkat dasar atau anak usia 4-5 tahun. Masa-masa tersebut adalah masa perkembangan fisik/kinetik, intelektual, emosi, dan perkembangan tingkah laku yang sangat baik, sehingga sangat efektif pula dalam membentuk dan menumbuhkan kepekaan musikal dan skill siswa. Terbukti dari hasil diadakannya evaluasi pembelajaran yaitu ujian kenaikan tingkat pada siswa preparatory piano menunjukkan hasil yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, piano klasik, tingkat dasar. |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Users 22790 not found. |
Date Deposited: | 04 Dec 2015 11:58 |
Last Modified: | 04 Dec 2015 11:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22747 |
Actions (login required)
View Item |