MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR VOKAL SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA IRINGAN MIDI DI SMA NEGERI 1 KROYA KABUPATEN CILACAP
Frisca Rindhy Fuana , 2501410014 (2015) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR VOKAL SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA IRINGAN MIDI DI SMA NEGERI 1 KROYA KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR VOKAL SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA IRINGAN MIDI DI SMA NEGERI 1 KROYA KABUPATEN CILACAP )
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran vokal di dalam mata pelajaran seni musik merupakan salah satu aspek penting yang harus dicapai untuk membentuk bakat yang dimiliki oleh siswa. Namun dalam membentuk bakat tersebut tentunya terlebih dahulu diperlukan minat anak dalam bernyanyi. Kurangnya media pembelajaran vokal di dalam proses belajar seni musik menimbulkan motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media iringan MIDI dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar vokal siswa di kelas X-1 SMA Negeri 1 Kroya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan dengan pendekatan kulitatif dan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dengan 4 tahapan pada masing-masing siklusnya, yaitu : perencanaan (plan), pelaksanaan dan pengamatan (action&observe), dan refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan media iringan MIDI pada pembelajaran vokal dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar vokal siswa pada kelas X-1 SMA Negeri 1 Kroya tahun ajaran 2014/2015. Terbukti dari 40% dari 34 siswa pada kegiatan pra siklus mendapatkan hasil belajar vokal cukup baik, pada siklus I meningkat menjadi 50% dan mengalami peningkatan yaitu 90% dari 34 siswa pada siklus II yang telah mendapatkan kualifikasi nilai baik. Peningkatan dari kegiatan pra siklus 40% menjadi 90% pada siklus II pada standar presentase 70% yaitu kualifikasi baik pada kegiatan akhir siklus II, serta dari 6 butir penilaian motivasi yang ditentukan oleh peneliti dapat tercapai dalam meningkatkan motivasi belajar vokal pada siswa kelas X-1 Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode media iringan midi, KKM yang telah ditentukan telah tercapai. Untuk itu guru seni musik khususnya dalam pembelajaran bernyanyi, sebaiknya menggunakan media iringan midi untuk memudahkan penyampaian materi dan praktek bernyanyi pada saat pembelajaran berlangsung
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Hasil, Vokal, Belajar, MIDI |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Users 22790 not found. |
Date Deposited: | 04 Dec 2015 11:57 |
Last Modified: | 04 Dec 2015 11:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22746 |
Actions (login required)
View Item |