STRATEGI PEMBELAJARAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB-TK SITI SULAECHAH 04 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014


Pramitha Adityasari , 1601409047 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB-TK SITI SULAECHAH 04 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of STRATEGI PEMBELAJARAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB-TK SITI SULAECHAH 04 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014 ]
Preview
PDF (STRATEGI PEMBELAJARAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB-TK SITI SULAECHAH 04 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014 ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Anak usia 4-5 tahun berada pada tahap the fairy tale stage, yaitu dalam menghayati nilai keagamaan masih dipengaruhi oleh fantasi dan emosi mereka. KBTK Siti Sulaechah 04 Semarang merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang concern dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada anak didiknya. Aspek perkembangan nilai agama anak berkembang dengan baik. Guru memberikan bimbingan dan latihan keagamaan melalui kegiatan pembelajaran dengan melakukan strategi-strategi agar dapat mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan strategi pembelajaran nilai-nilai agama Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diukur dengan menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Analisis data dilakukan secara interaktif dan terus menerus hingga datanya jenuh, yaitu dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran nilai-nilai agama Islam yang dilakukan di KB-TK Siti Sulaechah 04 Semarang meliputi perencanaan pembelajaran, strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi pengelolaan. Perencanaan pembelajaran yang disusun meliputi Prota, Promes, RKM, dan RKH. Strategi pengorganisasian, meliputi sequencing dan synthesizing. Strategi penyampaian, yaitu guru menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran, serta melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan model klasikal dan individu. Strategi pengelolaan, yaitu guru menggunakan metode pembelajaran, membuat penilaian, dan memberikan motivasi. Guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran nilai-nilai agama Islam dipengaruhi oleh enam faktor, yaitu perkembangan anak, TPP/indikator, bahan ajar atau materi, waktu, keadaan prasarana belajar, serta kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Amelia, Nony dkk. 2013. Peningkatan Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun TK Al-Ikhlas Ketapang. PG PAUD FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak. An Nahlawi, Abdurrahman. 1995. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press. Arifin, Bambang Syamsul. 2008. Psikologi Agama. Bandung: Pustaka Setia. Arifin, H. M. 2003. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Bartkowski, John P., Xiaohe Xu, dan Martin L. Levin. 2008. Religion and Child Development: Evidence from the Early Childhood Longitudinal Study. Social Science Research 37:18-36. Daradjat, Zakiah. 2005. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang. Daradjat, Zakiah. 2008. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Djamarah, Syaiful Bahri, dan Zain, A. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Eggen, Paul, dan Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran (Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir). Edisi ke-6. Terjemahan Satrio Wahono. Jakarta: Indeks. Fachrudin. 2011. Peranan Pendidikan Agama dalam Keluarga terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-anak. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta‟lim Vol. 9 No. 1. Hakim, Lukman. 2012. Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa SDIT Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta‟lim: 67-77, Volum 10, Nomor 1. Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani. Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga Ibrahim, R, dan S, Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Idrus, Muhammad. 2011. Strategi Pembelajaran Tanpa Kekerasan. El-Tarbawi Jurnal Pendidikan Islam No. 1 Vol. IV: 63-67. Iskandarwassid, dan Sunendar, D. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online (http://kbbi.web.id/ diakses 27 Agustus 2013). Lubis, Maimun Aqsha dkk. 2011. The Perception and Method in Teaching and Learning Islamic Education. International Journal of Education and Information Technologies Issue 1 Volume 5: 69-78. 114 Mahmud, H dkk. 2013. Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga (Sebuah Panduan Lengkap bagi Para Guru, Orangtua, dan Calon). Jakarta: Akademia Permata. Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Muliawan, Jasa Ungguh. 2009. Manajemen Play Group dan Taman Kanak-kanak. Yogyakarta: Diva Press. Mulyasa. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya. Patmonodewo, Soemiarti. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Rahman, Jamaal Abdur. 2005. Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasulullah. Bandung: Irsyad Baitus Salam. Rantina, Mahyumi. 2012. Pembelajaran Agama di Sentra Iman dan Taqwa TK Huffazh Payakumbuh. Jurnal Pesona PAUD Vol. 1 No. 05. RC, Achmad Rifa‟i, dan Anni, C.T. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press. Salim, Moh. Haitami, 2013. Pendidikan Agama dalam Keluarga: Revitalisasi Peran Keluarga dalam Membangun Generasi Bangsa yang Berkarakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Salleh, Muhammad Syukri. 2013. Strategizing Islamic Education. International Journal of Education and Research Vol. 1 No. 6. Sanaky, Hujair A.H. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press. Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak (Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri). Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Suwarna. 2005. Pengajaran Mikro Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana. Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara. Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 1777 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:59
Last Modified: 07 Jan 2016 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22744

Actions (login required)

View Item View Item