ANALISIS DEFLEKSI RANGKA MOBIL LISTRIK BERBASIS ANGKUTAN MASSAL MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA


Muhammad Ashfal Fuad, 5201410033 (2015) ANALISIS DEFLEKSI RANGKA MOBIL LISTRIK BERBASIS ANGKUTAN MASSAL MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS DEFLEKSI RANGKA MOBIL LISTRIK    BERBASIS ANGKUTAN MASSAL MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA ]
Preview
PDF (ANALISIS DEFLEKSI RANGKA MOBIL LISTRIK BERBASIS ANGKUTAN MASSAL MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA ) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Fuad, Muhammad Ashfal. 2015. “Analisis Defleksi Rangka Mobil Listrik Berbasis Angkutan Massal Mengunakan Metode Elemen Hingga”. Skripsi: Prodi Pendidikan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran defleksi lentur rangka mobil listrik angkutan massal Unnes sebelum dan sesudah dilapisi carbon fiber serta mendapatkan perbandingan besaran defleksi lentur rangka sebelum dan sesudah dilapisi carbon fiber. Metode penelit ian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bantuan perangkat lunak CATIA untuk memodelkan desain rangka dan ANSYS untuk menganalisis kekuatan rangka. Analisis kekuatan rangka yang dilakukan adalah analisis defleksi, tegangan normaldan faktor keamanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. analisis besaran defleksi maksimal pada rangkayang telah dilapisi dengan carbon fiber lebih kaku yaitu (0,42856mm) yang memenuhi kriteria batasan defleksi yang disarankan dengan tingkat kreteria sedang, sedangkan rangka yang belum dilapisi carbon fiber sebesar (3,2642 mm) juga memenuhi kriteria besaran defleksi maskimal dengan kriteria presisi umum, analisa tegangan normal menunjukkan tegangan maksimum pada desain rangka sebelum dilapisi (205,45 MPa) lebih tinggi daripada desain yang sudah dilapisi carbon fiber sebesar (78,7 MPa), sedangkan safety factor menunjukkan angka keamanan minimum desain rangka yang belum dilapisi carbon fiber yaitu (1,6796) dan yang sudah dilapisi dengan carbon fiber (4,3847). Saran dari penulis adalah rangka yang dilapisi dengan carbon fiber akan menjadikan rangka lebih kaku, maka jika perancang ingin menjadikan rangka lebih kaku salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan lapisan carbon fiber pada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis defleksi, rangka, carbon fiber, CATIA, ANSYS
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Users 33463 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 11:56
Last Modified: 04 Dec 2015 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22742

Actions (login required)

View Item View Item