PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERPINDAHAN PANAS RADIASI DENGAN VARIASI z MATERIAL SPESIMEN UJI


RIWAN SETIARSO, 5201410030 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERPINDAHAN PANAS RADIASI DENGAN VARIASI z MATERIAL SPESIMEN UJI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERPINDAHAN PANAS RADIASI DENGAN VARIASI    z  MATERIAL SPESIMEN UJI ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERPINDAHAN PANAS RADIASI DENGAN VARIASI z MATERIAL SPESIMEN UJI ) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Riwan Setiarso. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Perpindahan Panas secara Radiasi dengan Variasi Material Spesimen Uji. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran perpindahan panas radiasi dengan variasi material spesimen uji, untuk mengetahui besar laju perpindahan panas secara radiasi dengan variasi material spesimen uji dan mengukur kelayakan media pembelajaran serta mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap media pembelajaran. Metode yang digunakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Bahan penelitian pengembangan adalah media pembelajaran perpindahan panas radiasi berupa alat peraga dan modul. Subjek penelitian adalah ahli media pembelajaran, ahli materi perpindahan panas dan mahasiswa mata kuliah perpindahan kalor dasar Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang menilai kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Hasil validasi para ahli dan tanggapan mahasiswa dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan persentase kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan menurut ahli media sebesar 97,42% kriteria “sangat baik”. Sedangkan menurut ahli materi perpindahan panas, persentase kelayakan media pembelajaran perpindahan panas radiasi yang dikembangkan sebesar 81,25% kriteria “sangat baik”. Hasil uji coba penggunaan terhadap mahasiswa mendapatkan persentase 84,11% kriteria “sangat baik”. Disimpulkan bahwa media pembelajaran perpindahan panas radiasi yang dikembangkan dianggap layak. Disarankan kepada pengajar mata kuliah perpindahan panas untuk memanfaatkan media pembelajaran perpindahan panas radiasi yang dikembangkan pada pembelajaran mata kuliah perpindahan panas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, alat peraga radiasi, material spesimen uji
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 33463 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 12:07
Last Modified: 04 Dec 2015 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22740

Actions (login required)

View Item View Item